Home Tahu Gak Sih Sedikit tentang apa itu Administrasi

Sedikit tentang apa itu Administrasi

2411
125
SHARE

Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh

Salam Sejahtera, apa kabar sobat-sobat jurusan administrasi bisnis?

Tidak terasa final test tinggal menghitung hari, dan sebagian kakanda kita sedaang mempersiapkan skripsinya, semoga sukses yaa semuanyaJ

Berhubung masih dalam suasana lebaran, kami dari Departemen Pendidikan mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H, mohon maaf lahir dan batinJ

Pada pagi hari ini, kami akan menyegarkan kembali ingatan sobat sekalian tentang ilmu administrasi, apa sih administrasi itu? Jangan sampai di antara kita masih ada yang belum paham pengertian administrasi, fungsi dan ruang lingkupnya, yuk kita bahas satu persatuJ

Administrasi dalam arti sempit berkisar pada berbagai kegiatan kettaushaan. Kegiatan-kegiatan ketatausahaan merupakan bagian yang sangat penting dari kegiatan organisasi terutama karena kegiatan tersebut  menyangkut penanganan informasi yang dikatakan berperan sebagai “darah ” bagi suatu organisasi. Dalam pengertian yang demikian administrasi biasanya hanya dikaitkan dengan kegiatan-kegiatan ketatausahaan yang mencakup korespondensi, kesekretariatan, penyusunan laporan dan kearsipan.(Siagian,2001:267)

Definisi Administrasi dalam Arti Luas

Administrasi dalam arti luas berarti keseluruhan proses penyelenggaraan kegiatan-kegiatan yang didasarkan pada rasional tertentu oleh dua orang atau lebih dalam rangka pencapaian sutu tujuan yang telah ditentukan sebelumnya dengan menggunakan sarana dan prasarna tertentu pula.(Siagian,2001:267)

Secara etimologi, administrasi berasal dari bahasa Yunani “Administrare” atau “administer” yang berarti mengendalikan, mengelola atau menangani urusan urusan seperti negara, pemerintahan, rumah tangga ataupun pengelolaan suatu bisnis/usaha.

Pengertian administrasi diatas, tidak jauh berbeda dari  beberapa ahli seperti:

Liang gie, Penulis buku “Pengantar Filsafat Ilmu” dan Filsafat Keindahan” bahwa pengertian administrasi adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam bentuk kerjasama untuk mencapai tujuan tertentu. Oleh karena itu, Liang gie juga beranggapan bahwa ilmu administrasi dapat didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari proses, kegiatan dan dinamika kerjasama manusia (human teamwork).

Nah, jadi sekarang sudah segar kembali kan ingatannya? Kalau perbedaan administrasi dan manajemen itu kira-kira apa? Kadang kan jurusan kita disamakan dengan ilmu manajemen, tetapi kita beda, sobatJ Kita fokus kepada administrasi bisnis, sobat sekalian dapat menjawab pertanyaannya di kolom komentar yaaJ

Fungsi Administrasi

Pada dasarnya fungsi administrasi dan fungsi manajemen adalah sama perbedanya dimana fungsi administrasi adalah untuk menentukan tujuan organisasi dan merumuskan kebijaksanaan umum, sedangkan manajemen bersifat melaksanakan kegitan yang perlu dilaksanakan dalam rangka pencapian tujuan dalam batas-batas kebijaksanaan yang dirumuskan.

 

Dalam proses pelaksanaan ini, administrasi mempunyai tugas-tugas tertentu yang harus dilakukan sendiri dan tugas-tugas itulah yang biasanya disebut sebagai fungsi-fungsi administrasi antara lain :

  • Planning (Perencanaan)

Perencanaan adalah suatu rincian yang merupakan organisasi yang besar didalamnya ada penyusunan dan perumusan rencana diserahkan kepada sekelompok staf perencana, akan tetapi penetapannya merupakan tugas dan tanggung jawab manajemen. (Daft, 2006:8)

  • Organizing (Pengorganisasian)

Pengorganisasian adalah suatu kegiatan yang menyangkut tipe-tipe struktur organisasi dan prinsip-prinsipnya, sejarah organisasi, gaya manajerial yang tepat digunakan, sifat dan jenis dari berbagai bentuk kegiatan yang harus dilaksanakan. (Daft, 2006:9).

  • Leading (Kepemimpinan)

Kepemimpinan merupakan fungsi manajemen yang melibatkan penggunaan pengaruh untuk memotivasi karyawan meraih sasaran organisasi. (Daft, 2006:10)

  • Controlling (Pengendalian)

Pengendalian adalah fungsi keempat yang mempunyai arti memantau aktifitas karyawan, menjaga organisasi agar tetap berjalan ke arah pencapaian sasaran, dan membuat koreksi bila diperlukan. (Daft, 2006:11)

Ruang Lingkup Administrasi

Ruang Lingkup tugas administrasi pada kantor ini dapat dikatakan tugas pelayanan disekitar keterangan-keterangan yang berwujud (Gie, 2007:16) yaitu :

  • Menghimpun
    Yaitu : kegiatan-kegiatan mencari dan mengusahakan tersedianya segala keterangan yang tadinya belum ada atau berserakan dimana-mana sehingga siap untuk dipergunakan bilamana diperlukan.
  • Mencatat
    Yaitu : kegiatan yang mebubuhkan dengan berbagai peralatan tulis   keterangan-keterangan yang diperluka sehingga berwujud tulisan yang dapat dibaca, dikirim dan disimpan
  • Mengelola
    Yaitu : bermacam-macam kagiatan mengerjakan keterangan-keterangan dengan maksud menyajikan dalam bentuk yang berguna.
  • Mengirim
    Yaitu : kegiatan yang menyimpan dengan berbagi cara dan alat dari satu pihak kepihak lain.
  • Menyimpan
    Yaitu : kegiatan menaruh dengan berbagai cara dan alat ditempat tertentu yang aman.

Nah, sobat sekalian pasti bertanya-tanya tentang siapa sih Bapak Administrasi itu? Jadi kami akan memberikan jawabannya di artikel selanjutnya yaaa.. Bagi yang tahu bisa menjawabnya kembali di kolom komentarJ

Baiklah sobat sekalian, artikel hari ini cukup yaa.. Bagi yang ingin merequest materi untuk artikel selanjutnya, dapat direquest melalui kolom komentar atau langsung menghubungi kami pada sosial media LINE, ID : fifiadyani atau menguhubungi langsung koordinator kami untuk berdiskusi tentang artikel ini atas nama kanda Hengky Dwi SuryatnoJ

Semoga ilmunya bermanfaat yaaa,

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh dan Salam Sejahtera

LEAVE A REPLY