Home Tahu Gak Sih
295
0
SHARE

Selamat siang kanda-kanda, teman-teman,dan dinda-dinda. Kami dari Departemen pendidikan kali ini ingin berbagi sedikit pengetahuan kepada kalian semua. Sebelum itu, apa kalian tahu bahwa hari ini tepat tanggal 22 Maret 2018 diperingati sebagai Hari Air Sedunia? Lalu.. Mengapa sih kita harus memperingatinya?

Hari Air Sedunia (World Water Day) adalah hari yang diperingati atau dirayakan sebagai usaha untuk menarik atensi publik sedunia (internasional) mengenai pentingnya air bersih bagi kehidupan dan usaha advokasi untuk melindungi sumber daya air bersih secara berkelanjutan. Kalau melihat permukaan bumi yang sebagian besar tertutupi oleh air, seakan-akan sumber air di dunia ini sangat melimpah ruah. Pada kenyataannya 97,5 % air di bumi adalah air laut dan air payau yang tidak dapat diminum. Sisanya 2,5% adalah air tawar. Dari sisa 2,5% tersebut yang merupakan sumber air yang dapat dikonsumsi manusia hanyalah 0.003% saja, karena sebagian besar air tawar di bumi tersimpan dalam bentuk es dan gletser atau endapan salju.

Saat ini, dunia sudah mengalami ancaman krisis air bersih. Salah satu tandanya, menurut Guterres, fakta bahwa tiga perempat dari 193 negara anggota PBB berbagi sumber air, seperti sungai atau danau, dengan negara tetangga mereka. Misalnya saja seperti yang terjadi saat ini di Sahel Afrika yang meliputi daerah Sahara di utara sampai savanna di Selatan, Timur Tengah, dan sebagian wilayah Asia. Kekurangan air bersih yang disebabkan oleh faktor ekonomi banyak terjadi di negara-negara berkembang. Mereka kekurangan dana untuk membangun infrastruktur dan sistem teknologi distribusi air yang baik. Jadi cadangan air yang tersedia tidak dapat digunakan secara efisien. Bahkan di Negara kita pun ada beberapa daerah yang mengalami krisis air walaupun sedang memasuki musim penghujan. Bahkan Bumi kita ini diprediksi akan kehabisan persediaan air di tahun 2060 . Oleh karena itu, marilah kita menghemat air dengan cara menutup keran bila tidak diperlukan, menggunakan air untuk kebutuhan yang penting saja atau seperlunya, dan masih banyak cara lagi yang bisa kita lakukan untuk menghemat penggunaan air bersih sehingga dapat mencegah terjadinya kekurangan air bersih di masa depan.

Semoga artikel ini bermanfaat yaa..
Jika ada tanggapan atau pertanyaan, bisa langsung dituliskan pada kolom komentar.

Ingat yaa.. Gunakan air secukupnya

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

#FamilyForever

LEAVE A REPLY