Home PRESS RELEASE Selamat Datang Di Rumah Hijau

Selamat Datang Di Rumah Hijau

182
0
SHARE

Himpunan Mahasiswa Administrasi Niaga Poiteknik Negeri Ujung Pandang (HMAN-PNUP) merupakan organisasi internal yang ada di PNUP dan merupakan kelengkapan nonstruktural dari jurusan Adminitrasi Niaga (AN). Himpunan yang merupakan laboratorium dan tempat bergumulnya lintas pemikiran, dan rumah yang nyaman bagi segenap pengurus untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya dalam membangun sebuah gerakan untuk kepentingan kemaslahatan bersama. sekiranya seperti itulah pandangan kami terhadap himpunan kami tercinta. Mungkin tak asing lagi bagi kawan-kawan sekalian ketika mendegar kata “pengaderan” yang merupakan suatu yang sangat fundamental dalam sebuah organisasi. Jika di definisiskan pengaderan adalah proses trasnformasi nilai yang ada dalam sebuah kelompok dengan nilai-nilai yang telah terbentuk dan telah disepakati bersama, serta merupakan interpretasi dari apa yang menjadi tujuan dan visi organisasi tersebut. Jika di analogikan pengaderan merupakan ruh dan nafas  dalam tubuh organiasi. Sebuah organisasi dapat menunjukkan eksistensi dan kebesarannya apa bila  dalam proses pegaderan yang dilakukan dapat melahirkan konseptor-konseptor  yang ulung dengan nuansa ilmiah yang disajikannya. Sebelum itu tentunya penulis perlu untuk meluruskan bahwa prosesi pengaderan yang dialakukan bukanlah sebuah kepentingan organisasi sehingga ada kesan bahwa kader hanya merupakan sapi perah untuk memuluskan kegiatan-kegiatan organiasasi. Perlu juga kawan-kawan ketahui bahwa ada hal yang mendasari mengapa pengaderan penting dalam sebuah organisasi, itu dikarenakan adanya pandangan bahwa karakter yang ideal tidak mungkin terwujud hanya dari kurikulum formal kampus, sehingga untuk menjawab hal tersebut lembaga kemahasisawaan mengambil peran penting dalam membentuk karakter mahasiswa yang merupakan solusi akan memudarnya karakter bangsa saat ini. Himpunan Mahasiswa Administrasi Niaga belum lama ini telah melakukan prosesi pengaderan yang  dalam kegiatan ini kami menamainya Leadersip Training 2019 (LETTING). Harapan dalam kegiatan ini mampu memberikan pencerahan guna membuka cakrawala berfikir kader bahwa dalam pengertiannya ilmu dan pengetahuan itu luas serta memberikan stimulan yang positif bagi kader dalam proses pencariannya. Namun yang perlu kawan-kawan pahami bahwa momen ini bukan hanya sebagai kegiatan untuk mengisi dan menghapus dahaga intelektual, akan tetapi dalam kandungan tiap rangkaian kegiatannya memiliki unsur yang mencerahkan.

LETTING atau biasa disebut Latihan Kepemimpinan (LK) merupakan salah satu program kerja departemen pengaderan yang ditujukan bagi keluarga-keluarga baru HMAN-PNUP angkatan 2019. Program yang berlangsung selama dua hari ini, secara resmi dibuka oleh Ketua Jurusan Administrasi Niaga  Adam Rasid,S. Sos., M.Si Dalam pelaksanaannya para pengurus HMAN-PNUP mengisi ruang berpikir mahasiswa baru dengan berbagai materi yang tentunya bertujuan untuk  membentuk pola pikir dan moral keluarga baru HMAN-PNUP sebagaimana idealnya seorang mahasiswa.

Kegiatan ini merupakan sesuatu yang sakral dalam sebuah tubuh organisasi, diketahui bersama secara esensial pengaderan merupakan wadah dalam  mentransformasikan nilai-nilai dan identitas lembaga. Hal itu kemudian diharapkan sebagai kesatuan arah gerak dalam membangun gerakan yg sesuai dengan visi dan misi organisasi. Bagi kalangan mahasiswa terlebih pengurus organisasi internal lembaga kemahasiswaan, sebuah keharusan untuk kontiunitas sebuah organisasi. Momentum LETTING sebagai langkah guna melanjutkan regenerasi yang berkualitas, tangguh dan mampu bersaing secara intelektual dan memiliki adab yg baik dalam mengembangkan eksistensi HMAN yang lebih baik lagi ke depannya.

Sesuai dengan temanya ”Menumbuhkan jiwa kepemimpinan yang berintelektual dalam mewujudkan figur yang sesuai dengan spirit kekeluargaan” maka melalui Leadership Training ini diharapkan kader-kader baru HMAN-PNUP dapat menjadi mahasiswa yang punya mental seorang pemimpin, berpikir kiritis, dan memiliki pribadi yang bertanggungjawab.

Dengan diadakannya kegiatan ini Iman Fajri selaku Koordinator Pengaderan HMAN berharap, mampu membuka pikiran dan mengubah pola pikir Mahasiswa baru 2019 yang telah mengikuti LETTING 2019 menjadi lebih baik lagi serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari khususnya dunia kampus. “Seorang kakanda pernah berkata kepada saya bahwa setiap hembusan nafas adalah pengaderan, maka dari itu jadikanlah pengaderan itu sebagai proses untuk menjadi manusia yang manusia dan memanusiakan manusia”, jelas Imam.

Selama berlangsungnya LETTING ini mahasiswa baru 2019 terlihat sangat antusias dengan berbagai rangkaian kegiatan yang diberikan,  salah satunya  Siti Fauziah Harbani P menyebutkan kesan dan pesan dengan adanya kegiatan ini menjadi tempat pembelajaran. “Selama mengikut LETTING 2019 saya banyak belajar tentang kepempinan, dimana untuk menjadi seorang pemimpin kita harus dituntut untuk bertanggung jawab dan begitupun materi lainnya serta kedepannya LETTING ini bisa dilaksanakan lebih baik lagi”, jelasnya.

Melihat tingginya antusias dari peserta LETTING 2019 yang sungguh berhikmat dalam kegiatan ini,  Mulyadi R Selaku Ketua Umum HMAN-PNUP Periode 2019/2020 sangat bersyukur.  Dia berharap kepada mahasiswa baru 2019 yang telah mengikuti kegiatan ini dan mendapatkan pengetahuan tambahan tidak hanya menjadikan pengetahuan tersebut hanya sebagai pengatahuan teoritis saja namun mampu menjadi ilmu praktis untuk tercapainya insan-insan yang mengedepankan analisa dan mengurangi praduga sehingga akan membantu meningkatkan progresivitas HMAN tentunya. ” Terakhir dari saya, ingat diatas ilmu masih ada etika, maka jangan berbesar hati ketika berilmu, karena yang terpenting dari semuanya adalah sikap dan perilaku.” Ucap Ketum HMAN-PNUP yang akrab disapa Mul.

Rifky Hadiatama nugraha selaku Ketua Majelis Mahasiswa HMAN-PNUP beranggapan setiap tahun jumlah mahasiswa Administrasi Niaga semakin bertambah dan antusiasme tinggi. Namun dilihat dari aspek antusiasme saja tidak cukup,  sehingga dia berharap apa yang telah didapatkan pada saat LETTING 2019 mampu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Serpian S.ST., M.AB. Selaku Pembina HMAN-PNUP menyampaikan bahwa kegiatan LETTING 2019 ini sangat penting karena itu menjadi awal atau wadah dimana para mahasiswa baru beradaptasi dengan culture atau budaya organisasi yang ada di Himpunan Mahasiswa Administrasi Niaga. “Ini penting supaya mereka mendarat dengan soft, dengan lembut. Maksudnya mendarat, beradaptasi yah di Himpunan Mahasiswa Administrasi Niaga, jelasnya.

Selain hal tersebut diapun mengapresiasi para panitia dan pengurus HMAN- PNUP dari segi pengelolaan LETTING 2019 “Saya anggap perfect yah, sangat rapi. Para panitia dan pengurus himpunan sangat kelihatan expert dalam mengelola pelatihan. Jadi sangat konsisten dan sangat kooperatif, sesuai dengan konsep yang sudah di diskusikan” tambah Serpian. Di akhir arahannya Serpian berharap pemberian Materi LETTING lebih diperbanyak  lagi arahnya  ke  materi soft-skill dan hard-skill. Jadi ketika mahasiswa selesai mengikuti LETTING, dia mempunyai soft-skill yang jelas dan hard-skill yang jelas yang bisa dilihat outputnya.

Semoga segala pesan, kesan, dan harapan yang tercurahkan pada kegiatan ini dapat menjadi sebuah petunjuk langkah bagi pengembangan kader ke depannya. Diharapkan Himpunan Mahasiswa Adminisitrasi Niaga dapat menjadi sentral gerakan yg pada khususnya mahasiswa-mahasiswi Administrasi Niaga untuk membangun gerakan yg terorganisir dan  berorientasi pada kemaslahatan dan nilai-nilai kemanusiaan.

LEAVE A REPLY