Home PRESS RELEASE Selamat Hari Raya Nyepi 2020

Selamat Hari Raya Nyepi 2020

73
0
SHARE

Hari Raya Nyepi adalah hari raya umat Hindu yang dirayakan setiap tahun Baru Saka yang jatuh pada tanggal pertama atau kesatu bulan ke-10 dalam kalender Hindu. Nyepi mengandung sebuah dialog spiritual yang dilakukan umat Hindu agar kehidupan selalu seimbang dan harmonis, sehingga ketenangan dan kedamaian hidup dapat terwujud.
Selamat hari raya berlangsung, jalanan akan sepi, tidak ada aktivitas yang boleh dilakukan. Rahajeng Rahina Nyepi caka 1942, dumogi sareng sami ngemanggihin kerahayuan lan labda karya.

Dari hari Raya nyepi ini, ada loh 7 fakta yang menarik Nyepi di Bali yaitu:

1.Pantangan umat Hindu pada Hari Raya Nyepi
Hari Raya Nyepi dirayakan dengan melaksanakan catur brata penyepian atau empat pantangan. Adapun empat pantangan yang dilakukan oleh umat Hindu saat Hari Raya Nyepi ialah amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), amati geni (tidak menyalakan api), dan amati lelanguan (tidak bersenang-senang).

2. Jalanan kosong
Saat Hari Raya Nyepi tiba, jalanan di Bali terlihat lebih lengang daripada biasanya karena kendaraan selain mobil ambulans tidak perkenankan beroperasi. Ketika mobil ambulans mengantar pasien ke rumah sakit pun akan dikawal oleh pecalang (petugas keamanan desa).

3. Bandara berhenti beroperasi
Tiket penerbangan tidak dijual saat Hari Raya Nyepi karena bandara tidak beroperasi. Bahkan terminal, pelabuhan, dan Jalan Tol Bali Mandara juga ditutup.

4. Malam bertabur bintang
Udara di Bali tampak bersih karena udara bersih tanpa polusi. Kamu bisa melihat langit Bali yang dipenuhi oleh bintang saat Hari Raya Nyepi

5. Dirindukan oleh wisatawan
Saat Hari Raya Nyepi, mungkin ada yang menganggap bahwa Bali dihindari oleh wisatawan. Namun ternyata anggapan tersebut tidak benar. Sebab, banyak wisatawan yang sengaja menghabiskan waktu liburan di sana saat perayaan tersebut tiba.

6. Rentan pertunjukan budaya yang memikat
Banyak pertunjukan digelar sebelum dan sesudah Hari Raya Nyepi. Misalnya, penganut agama Hindu akan melakukan Melasti (sembahyang di laut) dua hari sebelum Nyepi.

7. Harga hotel lebih murah
Hotel kerap menjadikan Hari Raya Nyepi sebagai ajang untuk memberikan paket menginap dengan harga murah. Biasanya dalam paket tersebut sudah termasuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Selain itu ada juga berbagai macam aktivitas menarik sebagai hiburan para tamu hotel saat Nyepi.
Reference by: https://travel.kompas.com/read/2020/03/24/215400027/jelang-nyepi-simak-7-fakta-menarik-nyepi-di-bali?page=2

Himpunan Mahasiswa Administrasi Niaga Mengucapkan, Selamat Hari Raya Nyepi 2020 (Tahun Baru Saka 1942) Bagi yang merayakan.

#HMAN #PNUP #HMANPNUP #familyforever

LEAVE A REPLY