Home PRESS RELEASE Selamat Hari Kartini

Selamat Hari Kartini

1236
89
SHARE

Raden Adjeng Kartini (R.A Kartini) atau biasa kita sebut Ibu Kartini lahir pada tanggal 21 April 1879 dan meninggal di tanggal 17 September 1904. Ibu Kartini adalah seorang tokoh di jawa dan seorang tokoh Pahlawan Nasional Indonesia. Ibu Kartini juga di sebut sebagai pelopor kebangkitan perempuan Pribumi sebab gerakannya kesetaraan derajat antara wanita dan pria di Indonesia. Presiden Soekarno mengeluarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No.108 Tahun 1964, tanggal 2 Mei 1964, yang menetapkan Ibu Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional sekaligus menetapkan hari lahir Ibu Kartini yaitu tanggal 21 April, untuk diperingati setiap tahun sebagai hari besar yang kemudian dikenal sebagai Hari Kartini.
Awal perjuangan Kartini itu dimulai sejak ia berusia 12 tahun. Ia dilarang melanjutkan studinya setelah sebelumnya bersekolah di Europese Lagere School (ELS) dimana ia bisa belajar bahasa Belanda. Larangan buat mengejar cita-citanya bersekolah yang muncul dari keluarganya serta berita tentang kemajuan wanita-wanita di Eropa inilah yang menyulut hatinya untuk memperjuangkan hak wanita di Indonesia, khususnya dalam bidang pendidikan.
Ibu Kartini memiliki semboyan Habis Gelap Terbitlah Terang yang berarti setelah ada kesulitan, pasti ada jalan atau kemudahan. Seperti kesulitan kaum wanita pada zaman dahulu. Pada Zaman itu perempuan dilarang untuk melanjutkan pendidikannya karena dharuskan untuk tinggal di rumah mengurus anak saja. Ketidakadilan tersebut membuat Ibu Kartini berjuang untuk menyamakan hak antara kaum wanita dengan kaum laki-laki, salah satunya dalam hal pendidikan. Ia berusaha mengajarkan cara membaca dan menulis bagi kaum wanita dari usia anak-anak hingga dewasa.
Meskipun banyak yang tidak setuju atas usahanya, Ibu Kartini tidak pernah patah semangat. Akhirnya perjuangan bangsawan perempuan itu membuahkan hasil yang dapat kita rasakan hingga saat ini, yaitu persamaan hak antara kaum wanita dan laki-laki.

Sumber dari:
https://muda.kompas.id/baca/2019/05/06/perjuangan-ra-kartini/
https://id.wikipedia.org/wiki/Kartini

LEAVE A REPLY