Home PRESS RELEASE VIRUS CORONA? #DIRUMAHAJA

VIRUS CORONA? #DIRUMAHAJA

1980
90
SHARE

APASIH VIRUS CORONA ITU?
Menurut WHO Virus corona adalah kelompok besar virus yang menyebabkan berbagai jenis penyakit. Mulai dari batuk pilek hingga penyakit yang lebih parah, seperti Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) dan Middle East Respiratory Syndrome (MERS).
Virus corona paling terbaru yang ditemukan adalah virus corona COVID-19. Virus ini termasuk penyakit menular dan baru ditemukan di Wuhan, China pada Desember 2019 yang kemudian menjadi wabah.

KENAPA KITA HARUS DIRUMAH?
Penyebaran virus corona di dunia ini sekarang sudah semakin cepat sehingga WHO menetapkan bahwa wabah tersebut sebagai pandemi. Untuk itu, banyak negara yang menetapkan metode social distancing atau self quarantine untuk menghindari penyebaran virus corona. Social distancing adalah tindakan berdiam diri di rumah, menjauhi keramaian, dan tidak bepergian keluar rumah kecuali kondisi mendesak. Cara ini dianggap cara yang paling sederhana dan efektif untuk mencegah penyebaran penyakit COVID-19.

Alasan mengapa cara tersebut dilakukan guna menghindari agar penderita tidak menyebarkan virusnya melalui bersin ataupun batuk. Hal yang dikhawatirkan dalam kondisi tersebut ialah ketika adanya ketidaksengajaan (manusia sehat) pada saat menyentuh wajah tanpa mencuci tangan terlebih dahulu ataukah cara lain untuk membersihkannya tentu ia akan mudah tertular oleh penyakit yang dialami penderita. Kondisi berikutnya adalah bayangkan jika ada orang yang sudah terinfeksi virus ini dan masih tetap kerja, bersekolah,pergi ke mall dll, lalu bertemu dengan orang banyak, bisa saja orang yang ia temui itu akan ikut tertular juga. Ada banyak orang yang tidak sadar bahwa dirinya sudah terinfeksi dan tidak merasakan gejalanya, lalu bepergian keluar rumah. Kegiatan seperti inilah yang membuat virus semakin cepat tertular kemana-mana.

Jadi, alangkah baiknya jika Anda melakukan social distancing untuk mengurangi angka penyebaran virus ini. Karena Anda tidak tahu apakah diri Anda terinfeksi atau tidak dan demi menjaga kesehatan keluarga Anda sendiri. Jika Anda terpaksa harus keluar rumah, Anda bisa menggunakan masker penutup mulut dan hidung, lalu sesampainya di rumah, langsung mencuci tangan dan ganti pakaian Anda sebelum Anda beraktivitas kembali di rumah. Cara-cara ini bisa menjadi pencegahan agar keluarga Anda tidak terinfeksi virus tersebut.

ADA BANYAK HAL KOK YANG BISA KITA LAKUKAN DIRUMAH
Seperti kegiatan dari beberapa mahasiswa AN selama menjalani social distancing, yang mungkin teman-teman bisa juga melakukannya yaitu ; kumpul dengan keluarga, membaca buku, melakukan diskusi dengan media zoom, membangun hubungan pribadi yang lebih dekat kepada Tuhan dengan beribadah, kuliah online, mengerjakan tugas, istirahat yang cukup, ngemil, Netflix, olahraga ringan dalam rumah, mengasah kegemaran, membersihkan rumah, bercocok tanam, belajar hal-hal baru (masak, bertukang), dll.

#physicaldistancing
#dirumahaja
#HMAN #PNUP # HMAN-PNUP
#familyforever

LEAVE A REPLY