Home PRESS RELEASE Selamat Memperingati Hari Kenaikan Isa Almasih

Selamat Memperingati Hari Kenaikan Isa Almasih

862
72
SHARE

Hari kenaikan Isa Almasih atau kenaikan Yesus Kristus adalah peringatan naiknya Yesus ke surga. Setelah memberikan pesan terakhir kepada pengikut-pengikutnya di bukit Olivet dekat kota Yerusalem, mereka menyaksikan Yesus terangkat naik ke langit hingga akhirnya tidak terlihat karena tertutup awan. Peristiwa ini selalu dirayakan pada hari ke-40 atau hari kamis ke-6 setelah minggu Paskah.

Tahun ini perayaan hari kenaikan Isa Almasih diperingati pada hari Kamis tanggal 21 Mei 2020.

Tradisi Kenaikan Isa Almasih juga diperingati oleh semua umat Kristen dan Katolik di Indonesia. Bagi penganut agama Kristen, peristiwa puncak dari acara ini adalah 40 hari setelah Paskah. Lebih tepatnya perayaan Isa Almasih dilakukan 39 hari setelah Paskah.

Menurut Perjanjian Baru dari Alkitab, Yesus Kristus memiliki lima tonggak utama dalam hidupnya. Tonggak-tonggak ini meliputi: pembaptisan, transfigurasi, penyaliban, kebangkitan dan kenaikan. Di dalam Alkitab tersebut juga menyebutkan bahwa setelah Yesus Kristus disalib oleh orang Romawi, ia kemudian dibangkitkan. Selama hidupnya setelah kebangkitan, Yesus Kristus berbicara kepada para rasul dan pengikutnya tentang ajaran-ajaran Allah. Setelah ini, Yesus Kristus naik ke Surga di hadapan sebelas rasul-rasulnya.

Kisah Kenaikan ini, sering menjadi subjek seni Kristen sejak abad ke-9, dimana adegan Kenaikan tersebut digambarkan menjadi dua bagian pada kubah-kubah gereja, yakni bagian atas untuk pemandangan surgawi dan bagian bawah untuk pemandangan duniawi.

Gerakan pemberkatan oleh Kristus dengan tangan kanan ini ditujukan kepada kelompok di dunia di bawah-Nya dan memberi makna bahwa Ia sedang memberkati seluruh gereja.

Di tangan kiri-Nya, Ia membawa sebuah kitab Injil atau gulungan, yang memberi makna tentang pengajaran dan pemberitaan Injil ke seluruh dunia.

LEAVE A REPLY