Home PRESS RELEASE Selamat Hari Raya Waisak 2564

Selamat Hari Raya Waisak 2564

92
4
SHARE

Hari Raya Waisak atau biasa disebut dengan Trisuci Waisak merupakan hari besar agama Buddha. Kata Waisak berasal dari bahasa Sansekerta Vesakha yang merupakan nama bulan dalam kalender Buddhist. Trisuci Waisak biasanya bisa jatuh pada bulan April, Mei, dan Juni kalender Masehi. Sesuai dengan namanya, Trisuci Waisak memperingati 3 peristiwa penting, yaitu:
1. Lahirnya Pangeran Sidharta. Pangeran Sidharta lahir sebagai seorang Boddhisatva (calon Buddha dan seseorang yang akan mencapai kebahagiaan tertinggi).
2. Pencapaian Penerangan Sempurna. Di usia 29 tahun, Pangeran Sidharta meninggalkan istana untuk bertapa menjadi Buddha serta mencari kebebasan dari usia tua, sakit, dan mati.
3. Pencapaian Parinibbana. Peristiwa ini merupakan wafatnya sang Buddha di usia 80 tahun.
Untuk merayakan hari besar ini, umat Buddha pergi ke vihara dan melakukan ritual puja-bhakti. Ritual ini bertujuan untuk mengingat kembali ajaran sang Buddha dan melaksanakannya dengan baik.

Hari Raya Waisak dikenal juga sebagai hari suci agama Buddha. Setiap tahunnya, Hari Raya Waisak dirayakan untuk mengenang kelahiran dan kematian Sang Buddha. Di Indonesia, perayaan Hari Waisak mengikuti keputusan World Fellowship of Buddhist (WFB). WFB adalah sebuah konferensi persaudaraan Buddhis sedunia.

Pemerintah Indonesia telah menetaplan Hari Raya Waisak sebagai hari libur nasional. Saat Hari Raya Waisak, biasanya umat Buddha di Indonesia akan mengunjungi wihara untuk melakukan serangkaian proses ibadah dan doa. Setiap tahun, perayaan Hari Waisak dipusatkan secara nasional di komplek Candi Borobudur, Jawa Tengah. Menariknya, para wisatawan juga bisa datang menyaksikan prosesi perayaan Hari Waisak yang turut menyedot perhatian turis asing.

#PNUP #HMANPNUP #FamilyForever #Waisak2020
#Dept.KerohanianHMAN

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY