Home PRESS RELEASE Indonesia Terserah

Indonesia Terserah

313
9
SHARE

Cobaan selama kuliah online:

  1. Jaringan yang kadang-kadang tidak bagus

Jaringan internet disetiap daerah berbeda-beda, apalagi yang tinggal di desa. Hal ini membuat mahasiswa kesulitan dalam perkuliahan secara online.

  1. Tugas yang banyak dengan deadline yang singkat

Kadang ada beberapa dosen yang memberikan tugas yang banyak secara bersamaan dengan mata kuliah yang berbeda, dan deadline yang singkat. Hal ini membuat para mahasiswa stress dengan tugas-tugas yang ada.

  1. Ada beberapa mahasiswa yang tidak mempunyai laptop, sehingga terkendala dalam membuat tugas

Seperti halnya dalam membuat makalah atau powerpoint, hal ini menyulitkan sebagian mahasiswa yang tidak memiliki laptop.

  1. Boros kuota

Penggunaan aplikasi pembelajaran seperti zoom, google meet, ataupun jitsi yang banyak mengambil kuota, membuat pemakain kuota mahasiswa lebih banyak daripada yang biasanya. Sehingga mahasiswa harus mengeluarkan biaya yang lebih untuk hal itu.

Lebaran ditengah pandemi corona:

Pemerintah telah memberlakukan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk menghindari penyebaran covid 19 di Indonesia. Hal ini membuat tradisi yang selalu hadir disetiap lebaran tidak bisa dirayakan di tahun 2020 dan hanya bisa dirindukan seperti berikut ini :

  1. Tidak bisa mudik
  2. Tidak bisa berkumpul dengan keluarga besar
  3. Tidak bisa bersilaturahim ke rumah teman
  4. Tidak bisa membeli baju lebaran
  5. Ada yang sholat idul fitri dirumah dan ada juga yang dimasjid

4 pengorbanan tenaga medis untuk lawan corona:

  1. Tinggalkan rumah

Banyak dari kalangan tenaga medis terpaksa meninggalkan rumah masing-masing dalam pertempuran melawan virus corona. Hal itu karena mereka tak ingin mengambil risiko pulang dengan membawa virus dan menulari orang-orang tercinta.

  1. Isolasi ekstrem

Tugas menangani pasien covid-19 membuat tenaga medis kadang kala juga harus menjalani isolasi, yang bahkan tergolong ekstrem. Hal itu mereka lakukan demi memastikan tidak menjadi perantara penularan.

  1. Lembur

Di beberapa rumah sakit, sudah mulai menetapkan Kode Oranye. Kode itu bisa diartikan bahwa staf medis diberi mandate untuk “menginap di rumah sakit selama dianggap perlu”

  1. Minim tes

Dengan tugas selalu bersinggungan dengan pasien covid-19, tenaga medis semestinya membutuhkan pengujian Kesehatan lebih sering. Alih-alih mereka hanya menjalani tes apabila sudah merasakan gejala seperti demam.

(https://m.liputan6.com/bola/read/4218457/8-pengorbanan-tenaga-medis-untuk-lawan-corona-covid-19-perlu-diapresiasi)

New Normal life:

New Normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19. Protokol tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Jaga kebersihan tangan, gunakan hand sanitizer atau sabun lalu cuci dengan air yang mengalir
  2. Jangan sentuh wajah, terutama mata, hidung, dan mulut sebagai pintu masuk virus ke dalam tubuh, selama tangan belum dicuci
  3. Terapkan etika batuk dan bersin, tutup dengan lengan atas bagian dalam agar virus tidak tersebar
  4. Gunakan masker selama keluar rumah atau mengunjungi tempat umum, untuk msyarakat yang tidak sakit cukup menggunakann non-medis
  5. Jaga jarak aman antar satu dengan yang lainnya, setidaknya 1 meter untuk menghindari terjadinya penyebaran virus dari manusia ke manusia
  6. Lakukan isolasi mandiri kapanpun merasa tidak sehat, khususnya jika mengalami demam, batuk/pilek/nyeri tenggorokan/sesak napas
  7. Jaga kesehatan dengan konsumsi makanan bergizi seimbang, menjemur badan di bawah sinar mataharai pagi, istirahat cukup, dan berolahraga

https://www.kompas.com/tren/read/2020/05/19/082622465/hal-hal-yang-harus-kita-pahami-soal-new-normal?page=3

 

Adapun beberapa pengalaman dari mahasiswa (i) Administrasi Niaga saat lebaran ditengah pandemi corona :

  1. Andi Reski Nurfajila (Angkatan 19)

Malam terakhir berbuka puasa, ibu saya memang setiap tahun sering mengadakan buka bersama dengan keluarga besar ibu dan ayah. Namun berbeda dengan tahun ini, kami melaksanakan buka puasa  tdk seperti thun2 kemarin dikarenakan Covid 19, banyak keluarga yang tidak mudik tahun ini. Setelah berbuka puasa, kami langsung sholat magrib bersama dirumah dikarenakan masjid dekat rumahku tidak melaksanakan shalat berjamaah sesuai anjuran pemerintah. Lalu sesudah itu saya bermalam dirumah nenek saya bersama tante dan sepupu saya . Kami melewati malam lebaran dengan hati yang gembira dirumah nenek. Setelah pukul 11 malam lewat seperempt kami pun tidur dan tepat pada pukul 4 subuh saya diantar kembali kerumah. Sesampai dirumah, tiba saatnya saya melaksanakan shalat ied. Dulu kami sering melaksanakan sholat ied di Lapangan merdeka kab.Bone tetapi sekarang kami melaksanakannya dirumah dan Hanya berempt. Setelah selesai shalat ied kami bergegas kerumah Orng tua ayah untuk bersilaturahmi dan dilanjut kerumah orang tua ibu, setelah dari rumah org tua ibu Kami melakukan siarah kubur di Makam kekuarga besar ayah tetapi tahun ini berbeda karena yg biasanya kami ke kampung untuk siarah kubur, sekarang hanya bisa mendoakan lewat jauh karena adanya lockdown dikampung.

  1. A.Abdiawan Prawira Negara ( Angkatan 19 )

Menurut saya lebaran ditahun ini merupakan lebaran yang sangat menyedihkan karena kita tidak bisa berkumpul dengan keluarga dekat,dan kita hanya bisa berdiam diri dirumah dan harus menjaga jarak antar sesama lebaran di tengah pandemi covid 19 ini sangat berbeda karena di kampung sangat sepi dan kita tidak bisa pergi bersilatuhrahmi ke rumah keluarga maupun teman.  tidak seperti lebaran ditahun tahun sebelumnya tetapi ditengah pandemi covid 19 kita bisa memperbaiki ibadah kita dan kita bisa semakin dekat dengan orang tua maupun keluarga.

9 COMMENTS

  1. Greetings from Ohio! I’m bored to tears at work so I
    decided to check out your blog on my iphone during lunch break.
    I really like the info you present here and can’t wait to
    take a look when I get home. I’m amazed at how quick your blog loaded
    on my phone .. I’m not even using WIFI, just 3G ..
    Anyhow, excellent site! adreamoftrains web hosting providers

  2. Hello are using WordPress for your blog platform? I’m new to the blog world but I’m trying
    to get started and create my own. Do you require any coding expertise to make your own blog?
    Any help would be greatly appreciated!

LEAVE A REPLY