Home PRESS RELEASE Selamat Hari Anak Nasional

Selamat Hari Anak Nasional

80
8
SHARE

23 Juli 2020, apa yang begitu istimewa dari tanggal hari ini?
Ya, tentu saja adalah hari membahagiakan khususnya bagi anak-anak Indonesia. Tepat pada hari ini, tanggal 23 Juli 2020 merupakan peringatan Hari Anak Nasional (HAN).

Peringatan hari anak di tanah air merupakan gagasan Kongres Wanita Indonesia (Kowani). Kowani adalah organisasi kaum perempuan Indonesia yang embrionya tercetus sejak Kongres Perempuan Indonesia I pada 22 Desember 1928, atau beberapa pekan setelah Sumpah Pemuda.

Kowani, yang diresmikan tahun 1946, dalam sidangnya pada 1951 memutuskan beberapa kesepakatan. Salah satunya, menurut artikel dalam Majalah Rona (1988), adalah mengupayakan penetapan Hari Kanak-Kanak Nasional.

Menurut Kementerian Pemberdayaan dan Perlindungan Anak Indonesia (KPPAI), peringatan Hari Anak Nasional dimaknai sebagai kepedulian seluruh bangsa terhadap perlindungan anak Indonesia agar tumbuh dan berkembang secara optimal.

Caranya adalah dengan mendorong keluarga menjadi lembaga pertama dan utama dalam memberikan perlindungan kepada anak, sehingga akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia, dan cinta tanah air.

Penetapan Hari Anak Nasional di Indonesia memiliki sejarah yang cukup panjang. Bermula sejak pencetusan Hari Kanak-Kanak Indonesia di era Presiden Sukarno (Orde Lama) yang berproses cukup rumit, hingga akhirnya diganti oleh Presiden RI ke-2 Soeharto pada 1984.

Pada Orde Baru di bawah kepemimpinannya, Soeharto berusaha menghapus semua kebijakan yang lekat dengan rezim sebelumnya, termasuk mengenai peringatan Hari Kanak-Kanak Indonesia yang memang bertepatan dengan hari lahir Sukarno.

Dalam prosesnya, tanggal peringatan hari anak di Indonesia sempat beberapa kali mengalami perubahan. Hingga akhirnya, Soeharto mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) No. 44/1984 yang memutuskan bahwa Hari Anak Nasional diperingati setiap tanggal 23 Juli.

Pemilihan tanggal ini diselaraskan dengan pengesahan Undang-Undang tentang Kesejahteraan Anak pada 23 Juli 1979, dan inilah yang bertahan hingga sekarang. Peringatan HAN diselenggarakan dari tingkat pusat hingga daerah untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara yang ramah anak.

Sedangkan, di Dunia hampir setiap negara mempunyai tanggal peringatan Hari Anak tersendiri, dan terdapat pula Hari Anak Universal atau World’s Children Day yang diperingati setiap tanggal 20 November.

Selamat Hari Anak Nasional!

8 COMMENTS

  1. Oh my goodness! Impressive article dude! Thank you so much, However
    I am encountering troubles with your RSS. I don’t understand the reason why I am unable to subscribe to it.
    Is there anyone else having similar RSS problems? Anyone that knows the answer will you kindly
    respond? Thanx!!

  2. I am extremely impressed with your writing skills as well as with the layout on your weblog.

    Is this a paid theme or did you customize it yourself?
    Anyway keep up the nice quality writing, it’s rare to see a
    great blog like this one nowadays. adreamoftrains web
    hosting services

LEAVE A REPLY