Home Materi Perkuliahan Mengenal Administrasi Perkantoran

Mengenal Administrasi Perkantoran

848
29
SHARE

Kalian pasti sudah sering mendengar kata Administrasi Perkantoran, tapi apakah kalian tahu apa itu administrasi perkantoran? Kalau belum tahu yuk simak materinya dibawah!

Apa sih Administrasi Perkantoran itu?

Untuk menjawab pertanyaan diatas kita harus tau dulu nih pengertian dari administrasi dan perkantoran.

Pertama-tama, apasih itu Administrasi?

Administrasi berasal dari bahasa latin “Ad” (secara sungguh-sungguh, dan terus menerus) dan “Ministrare” (melayani, membantu, memenuhi). “Administration” yaitu memberikan pelayanan. Adapun pengertian administrasi menurut Soekarno yaitu Proses penyelenggaraan kerja yang dilakukan oleh dua orang/lebih yang bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan. Sehingga dapat dikatakan bahwa Administrasi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang bekerja sama untuk mencapai tujuan.

selanjutnya, apasih perkantoran itu?

Pengertian kantor. Menurut The Liang Gie; Kantor adalah tempat dalam suatu badan usaha dimana dilaksanakan pekerjaanadministratif yang dapat dilakukan dengan tangan/mesin. Sedangkan menurut Ulbert Silalahi (1997:6); Kantor adalah tempat penyelenggaraan kegiatan-kegiatan ketatausahaan berlangsung disebut kantor, yaitu suatu unit kerja yang terdiri atas ruangan, personil, peralatan dan operasi pengelolaan informasi. Sehingga dapat dikatakan bahwa Kantor ialah unit-organisasi atau tempat yang terdiri atas ruang kerja, staff-personil, peralatan, dan operasi/kegiatan ketatausahaan (pengelolaan informasi).

Maka dari itu, pengertian dari Administrasi Perkantoran ialah segenap rangkaian kegiatan penataan terhadap pekerjaan pokok yang dilakukan sekelompok orang dalam bentuk kerja sama untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam beberapa sumber bacaan yang terbit di Amerika Serikat maupun di Inggris istilah Office Administration (Administrasi Perkantoran) dan Office Management (Manajemen Perkantoran) dipakai silih berganti dengan arti yang sama.

Sekarang kalian udah tau kan pengertian dari Administrasi Perkantoran itu. Yuk kita lanjut ke poin selanjutnya yaitu Ruang Lingkup Adminstrasi!

  • Kegiatan kantor merupakan kegiatan yang selalu dilakukan dalam perkantoran untuk mencapai tujuan kantor tersebut. Kegiatan pekerjaan kantor pada umumnya terdiri dari kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan seperti yang di bawah ini:
    • perencanaan perkantoran (office planning) Merupakan proses menentukan arah kegiatan kantor, dengan peninjauan kembali terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi tercapainya tujuan kantor. Nah untuk perencanaan perkantoran itu terdiri dari:
      • Perencanaan gedung
      • Tata ruang kantor
      • Penerangan/cahaya
      • Ventilasi
      • Perlengkapan peralatan dan perabotan kantor
      • Metode-metode dan standarisasi pekerjaan kantor
      • Anggran (budgeting) perkantoran
      • Standar kualitas kerja
      • Sistem informasi dan telekomunkasi

 

    • Pengorganisasian perkantoran (office organizing) Yakni berkaitan dengan bagaiamana pengaturan pelaksanaan berbagai fungsi organisasi. Hal ini meliputi:
      • Pembagian tugas dan pekerjaan agar lebih efisien dalam organisasi/ perusahaan.
      • Pemeliharaan hubungan kerja yang baik dengan atasan ataupun bawahan.
      • Penyediaan peralatan/perlengkapan yang tepat, sesuai dengan jenis pekerjaan untuk memudahkan karyawan dalam melakukan pekerjaan.

 

    • Pengarahan perkantoran (office actuating) Kegiatan yang meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja secara maksimal sesuai dengan target dan sasaran yang telah ditentukan serta untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan dinamis. Pengarahan perkantoran adalah sebagai berikut:
      • Penggunaan teknik yang efektif dalam melakukan pegawasan terhadap bawahan.
      • Penggunaan teknik yang efektif dalam memberikan motivasi terhadap bawahan.
      • Pemberian bantuan kepada karyawan dalam memecahkan masalah ketika karyawan menghadapi kesulita dalam pekerjaan.
      • Penyatuan visi, misi karyawan dan organisas.
      • Perancangan cara komunikasi yang efektif dengan karyawan, agar komunikasi antara atasa dengan bawahan dapat berjalan lancer.
      • Penggunaan tolak ukur yang adil dalam memberikan gaji kepada karyawan.

 

    • Pengawasan perkantoran (office controlling) Sesuai dengan namanya yaitu pengawasan tentu yang dilakukan adalah melakukan pengawasan apakah kegiatan yang dilakukan sesuai dengan arahan dan target yang telah ditentukan sebelumnya. Biasanya objek pengawasan perkantoran terdiri dari:
      • Penggunaan peralatan dan perabot kantor
      • Metode-metode dan standarisasi pekerjaan kantor
      • Kualitas pekerjaan kantor
      • Pelayanan kantor
      • Waktu
      • Biaya perkantoran

Oke kita lanjut ke bagian kedua dari ruang lingkup Administrasi Perkantoran yaitu

  • Sarana dan Fasilitas Kerja Perkantoran
    • Lokasi kantor. Faktor yang perlu diperhatikan dalam menentukan lokasi kantor adalah faktor keamanan, faktor lingkungan dan faktor harga.
    • Gedung. Faktor yang perlu diperhatikan adalah menjamin keamanan dan kesehatan karyawan, memiliki fasilitas yang memadai, dan harga gedung yang kompetitif (seimbang dengan biaya dan keuntungan)
    • Peralatan
      • Perabotan kantor (office furniture): meja kursi, rak, laci dll.
      • Perbekalan kantor (office supplies): kertas, pena, tinta printer, penghapus dan peralatan habis pakai lainnya.

 

    • Interior Interior adalah tatanan perobatan/perangkat kantor yang menunjang pelaksanaan kerja dalam ruag kantor, seperti penerangan, ventilasi, plafon, jendela,dan hiasan kantor.
    • Mesin-mesin kantor. Disesuaikan dengan prosedur kerja, metode kerja dan kebutuhan kantor

Nah setelah teman-teman memahami ruang lingkup dari administrasi perkantoran, selanjutnya kita berpindah ke PERSYARATAN MANAJER PERKANTORAN.

Hal ini penting loh teman-teman mengingat lingkupan tugas manajemen administrasi perkantoraan itu cukup luas, maka persyaratan bagi seorang manajer perkantoran menjadi semakin berat. Menurut George Terry, menyebutkan bahwa tidak kurang daripada duabelas basic qualifications (kecakapan dasar) bagi seorang office manager, yaitu:

  1. Kemampuan pejabat pimpinan (executive ability).
  2. Latar belakang praktek (a practical background).
  3. Latihan manajerial (managerial training).
  4. Kemampuan mengungkapkan diri (ability to express oneself).
  5. Suatu sikap terbuka (an open attitude).
  6. Keingintahuan (curiosity).
  7. Kreativitas (creativeness).
  8. Pertimbangan sehat (sound judgment).
  9. Kemampuan menjual gagasan (sales ability).
  10. Kesabaran (patience).
  11. Pengendalian emosi (emotional control).
  12. Kemampuan kerjasama (co-operativeness).

Selain itu tugas manajer Kantor/Administratif dapat digolongkan sebagai berikut:

  1. Pekerjaan perkantoran pada umumnya
  2. Sistem perkantoran
  3. Organisasi perkantoran
  4. Komunikasi perkantoran
  5. Pelaporan manajerial
  6. Manajemen kearsipan
  7. Kontrol perkantoran
  8. Penyederhanaan pekerjaan perkantoran
  9. Tataruang perkantoran
  10. Perlengkapan perkantoran
  11. Studi perkantoran

Itulah tadi penjelasan dan pemahaman dari kami. Semoga bermanfaat bagi pembaca di dalam dunia kerja yang di tempuh sekarang atau di masa depan, terima kasih.

29 COMMENTS

  1. A person necessarily lend a hand to make seriously articles I would state. This is the very first time I frequented your web page and so far? I surprised with the research you made to create this particular publish amazing. Wonderful job!

  2. Attractive section of content. I just stumbled upon your weblog and in accession capital to assert that I acquire actually enjoyed account your blog posts. Anyway I’ll be subscribing to your feeds and even I achievement you access consistently rapidly.|

  3. Greetings! This is my first visit to your blog! We are a team of volunteers and starting a new project in a community in the same niche. Your blog provided us beneficial information to work on. You have done a outstanding job!

  4. I like the helpful information you provide to your articles. I’ll bookmark your weblog and take a look at once more here frequently. I am reasonably certain I’ll be informed many new stuff right right here! Good luck for the next!

  5. I have been exploring for a bit for any high quality articles or blog posts on this sort of area . Exploring in Yahoo I at last stumbled upon this web site. Reading this information So i’m happy to convey that I have a very good uncanny feeling I discovered just what I needed. I most certainly will make certain to do not forget this website and give it a glance regularly.

  6. I have read some just right stuff here.
    Definitely worth bookmarking for revisiting. I surprise how so much attempt you place to make any such magnificent informative web site.

  7. Just want to say your article is as astounding. The clearness in your post is just great and i could assume you are an expert on this subject. Well with your permission allow me to grab your feed to keep updated with forthcoming post. Thanks a million and please carry on the rewarding work.

LEAVE A REPLY