Home PRESS RELEASE Menjelang Kemerdekaan

Menjelang Kemerdekaan

170
7
SHARE
  • Tahukah anda siapa yang pertama kali menjahit Bendera Pusaka Merah Putih?

Ibu Hj. Fatmawati merupakan istiri ke-3 dari Presiden Pertama Indonesia, Soekarno Hatta. Ialah yang pertama kali menjahit Bendera Pusaka Merah Putih yang dikibarkan pada Upacara Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Jakarta pada tanggal 17 Agustus 1945.

( https://id.wikipedia.org/wiki/Fatmawati )

  • Tokoh penting dibalik kemerdekaan 17 Agustus 1945

Soekarno dan Mohammad Hatta merupakan dua tokoh utama dalam peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang kemudian ditetapkan menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI yang pertama. Tetapi, bukan hanya Soekarno dan Mohammad Hatta saja yang berjasa besar dalam peristiwa proklamasi kemerdekaan di Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Setidaknya ada 3 tokoh lain yang berperan penting dalam peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, yaitu:

  1. Sayuti Melik

Orang yang bertugas mengetik naskah proklamasi. Pada saat itu, Soekarno hanya merumuskan teks pada selembar kertas biasa. Oleh Sayuti Melik, teks tersebut ditulis ulang untuk dibacakan oleh Soekarno pada momen Proklamasi Kemerdekaan, 17 Agustus 1945.

  1. Soekarni

Orang yang tak kalah penting dalam pelaksanaan Proklamasi Kemerdekaan. Pejuang yang berasal dari Jawa Timur ini adalah wakil dari kelompok pemuda yang mendesak Soekarno dan Mohammad Hatta untuk segera memproklamasikan kemerdekaan.

  1. Achmad Soebarjo

Orang dari golongan tua yang ikut merumuskan teks proklamasi bersama Soekarno dan Mohammad Hatta. Ia pula yang berunding dengan para tokoh dari golongan muda serta meyakinkan mereka untuk tidak terburu-buru untuk memproklamasikan kemerdekaan.

( https://primaindisoft.com/blog/mengenal-4-sosok-penting-di-balik-kemerdekaan-dan-peran-mereka/#.XyrbmygzbIU )

  • Mengisi kemerdekaan di masa pandemic

Untuk pertama kalinya Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020 dilakukan secara berbeda dari peringatan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini terjadi karena adanya Covid-19 di Indonesia, sehingga dalam menyemarakan peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaaan RI tahun 2020 di seluruh Indonesia harus dilaksanakan dengan mengikuti Pedoman Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI tahun 2020 yang dikeluarkan oleh Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Menurut Pratikno, upacara bendera tetap akan diadakan di Istana Merdeka, Jakarta pada Senin 17 Agustus 2020.  Nantinya, upacara tersebut hanya akan dihadiri oleh peserta secara terbatas. Adapun, masyarakat tetap bisa menyaksikan upacara di Istana Merdeka secara virtual. Ketika lagu kebangsaan dikumandangkan saat upacara berlangsung, Pratikno mengajak masyarakat untuk menghentikan kegiatan sejenak. “Berdiri tegak, tegap, khidmat, mengikuti dikumandangkan lagu Indonesia Raya saat upacara berlangsung,” kata Pratikno.

Kita sebagai generasi muda bisa mengisi kemerdekaan dirumah dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif yang bermanfaat, baiki untuk diri kita dan juga orang lain.

Berikut contoh kegiatan positif mengisi kemerdekaan dirumah yang bisa dilakukan oleh generasi muda Indonesia, yaitu sebagai berikut:

  1. Sadar untuk mengerjakan pekerjaan rumah (ngepel, nyuci, nyapu, dll), tanpa harus di suruh orang tua. Sekarang ini sudah tidak zamannya lagi malu atau malas.
  2. Memanfaatkan waktu luang di rumah untuk belajar an kegiatan positif lainnya
  3. Saling membantu jika ada anggota dalam kesusahan.
  4. Menjaga hubungan dengan tetangga
  5. Menghormati satu sama lain adalah wujud patriot sejati.
  6. Patuh terhadap perintah orang tua.
  7. Bersikap baik dan saling mernghormati kepada orang tua dan saudara
  8. Pandai membagi waktu, antara bermain dan belajar.
  9. Melaksanakan perintah yang diberikan orang tua.
  10. Rajin membantu dan berbakti kepada orang tua

( https://katadata.co.id/happyfajrian/berita/5f02e5c2a9b8a/ada-corona-pemerintah-gelar-hut-kemerdekaan-ri-ke-75-secara-sederhana )

( https://www.silabus.web.id/kegiatan-kegiatan-positif-dalam-mengisi-kemerdekaan/ )

( https://www.bektiharjo.com/2020/07/pedoman-peringatan-hut-ke-75.html?m=1)

7 COMMENTS

LEAVE A REPLY