Home MADILEN HARI GURU NASIONAL

HARI GURU NASIONAL

531
3
SHARE

Definisi
Guru adalah seseorang yang berjasa karena telah membimbing, mendidik, hingga memotivasi setiap hari di sekolah maupun kehidupan seseorang selain ibu dan bapak. Sedangkan secara profesionalisme guru didefinisikan sebagai pengetahuan, keterampilan, juga  praktik dimana harus dimiliki oleh guru untuk menjadi pendidik efektif. Keterampilan dan pengetahuan adalah dua elemen kunci yang menjadi pusat konstitusi profesionalisme guru.

Sejarah
Sejarah Hari Guru di Indonesia berawal dari adanya Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB). PGHB merupakan organisasi perjuangan para guru pribumi pada masa pemerintahan Hindia – Belanda yang berdiri pada tahun 1912. Para anggotanya berasal dari latar pendidikan yang berbeda-beda.
Selain PGHB, berkembang juga puluhan organisasi guru yang bercorak keagamaan. Para guru selalu berusaha memperjuangkan persamaan hak dan posisi mereka terhadap Pemerintah Hindia – Belanda. Perjuangan mereka menghasilkan Kepala HIS, yang dulu selalu dijabat oleh orang Belanda, satu per satu pindah dan dijabat oleh orang Indonesia.
Pada tahun 1932, Persatuan Guru Hindia Belanda diubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Pasca kemerdekaan Indonesia, semangat Proklamasi 17 Agustus 1945 menjiwai pelaksanaan Kongres Guru Indonesia pada tanggal 24 – 25 November 1945 di Surakarta.
Melalui kongres tersebut, semua organisasi dan kelompok guru yang didasarkan atas perbedaan sepakat dihapuskan. Mereka bersepakat untuk membentuk Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) pada tanggal 25 November 1945.
Sejak Kongres tersebut, semua guru Indonesia menyatakan bersatu di dalam wadah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), dan Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November.

Bagaimana pengaruh Guru di hidup kalian?

Komentar:

  • Nurazizah Syahruddin: Guru sangat berpengaruh karena dari guru kita mendapat pengetahuan dan pemahaman yang tidak di dapatkan di rumah, selain itu guru juga memberi pengaruh yang sangat besar terhadap sifat dan kepribadian kita karena kita menghabiskan lebih banyak waktu komunikasi dengan guru ketika sekolah
  • Alkahfi Mustafa: Sangat berpengaruh karna tanpa mereka tak ada artinya yang namanya pendidikan. Hal yang belum tau bisa menjadi tau. Guru jga dapat dikatakan tolak ukur kita untuk mendalami sesuatu hal. Hal-hal yang telah kita kerjakan bisa menjadi pelajaran untuk kedepannya itu adalah kunci terbaik seorang guru. Menurut saya sendiri, guru itu bukan orang yang mendidik orang lain tetapi orang yang mampu belajar dari kesalahan yang pernah perbuat.
  • Syaiful Amri Hamid: Menurut saya sosok guru sangat berjasa setelah ortuku dan keluarga serta kerabat”ku. dia yg membentuk karakter,apa lagi guru sd dia yg menanamkan etika, membentuk karakter, mengajari cara berfikir dan menjadikan saya sebagai diri saya sendiri seperti ini,mengajarkan banyak hal yg nda kudapatkan di keluarga ku dan kerabatku. Guru baik apabila kita bersikap baik terhdapnya dan justru sebaliknya guru tidak pernah bertujuan menyiksa muridnya, malah dia seperti itu karna dia peduli dan dia sayang kita apalagi dia menjadi sosok ortu di sekolah dan juga kita harus pandai” membangun hubungan dengan guru. kenali gurumu maka kau akan paham bahwa guru itu seperti ini, sehingga kau dapat berkelakuan sesuai pada watak guru tersebut membangun hubungan dengan guru itu penting karna semuanya dan masa depanmu setengahnya bergantung padanya. hubungan yang baik di mulai dari komunikasi yang baik, komunikasi yang baik hadir setelah adanya sikap saling menghargai.
    Jadi tetaplah hargai gurumu, anggap dia seperti orang tuamu sendiri, karena sekarang ini, guru dibatasi pergerakannya oleh peraturan yang dimana peraturan itu sebenarnya tidak sesuai dgn peruntukannya. makanya generasi sekarang itu kurang etika dan moralitas sebab peraturan itu yg membatasinya. banyak telah terjadi kasus” yg sebenarnya salah paham dari pihak” terkait, sebab siswa sekarang yang tidak tahu bahwa tujuan mendidik itu seperti apa
  • Mushilda Solihin: Guru itu besar skali pengaruhnya dihidup ta.Guru itu mengajarkan hal yg sederhana tpi dampaknya luar biasa untuk masa depanta, Skrg kita tdak menjadi apa-apa kalau bukan krna guru. Misalnya guru SD, yg mengajarkan hal sederhana sekedar belajar membaca tpi efeknya betul betul bisa dirasakan skrg.
SHARE
Previous articleDi Toko Buku Itu
Next articleSelamat Hari Guru Nasional

3 COMMENTS

  1. Can I recently say that of a relief to seek out someone that truly knows what theyre preaching about on the internet. You actually discover how to bring a concern to light making it essential. More and more people must look at this and understand why side in the story. I cant think youre not more popular since you also absolutely provide the gift.

LEAVE A REPLY