Home Hari Besar Selamat Hari Guru Nasional

Selamat Hari Guru Nasional

349
1
SHARE

Hari Guru Nasional ditetapkan pada tanggal 25 November melalui Keputusan Presiden No. 78 tahun 1994. Hal ini bertujuan sebagai wujud penghormatan kepada para guru yang telah mengabdi serta berjasa mencerdaskan putra-putri bangsa Indonesia.

Bermula perjuangan para guru semasa masih bernaung pada Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) pada 1912. Kemudian, PGHB berubah nama menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI) Namun, perubahan nama ini mendapat tentangan dari Pemerintah Belanda dan pada masa Pemerintah Jepang, semua organisasi dan sekolah ditutup. Hingga setelah proklamasi kemerdekaan, PGI kembali bangkit ditandai dengan digelarnya Kongres Guru Indonesia pada 24-25 November 1945 di Surakarta.

Hasil kongres kemudian melahirkan sebuah sejarah, di mana pada tanggal 25 November 1945 didirikan Persatuan guru Republik Indonesia (PGRI). Hal tersebutlah yang melatarbelakangi lahirnya Hari Guru Nasional pada 25 November.

Hari Guru Nasional diharapkan dapat menjadi momentum untuk mendukung, mengapresiasi, dan meningkatkan kualitas guru di Indonesia. Bukan hanya kualitas guru, kualitas pendidikan juga diharapkan dapat meningkat dengan adanya Hari Guru Nasional.

Sebagaimana akronim Jawa yang seringkali didengar, Guru adalah singkatan digugu lan ditiru. Di mana digugu memiliki arti dipercaya atau dipatuhi. Sedangkan, ditiru memiliki arti diikuti atau diteladani. Generasi yang unggul lahir dari guru yang dapat memberi teladan hingga mampu berdiri paling depan sebagai contoh. Hingga mampu menjadi figur yang menginspirasi bagi generasi.

Jadi, siapa guru yang paling menginspirasimu sampai hari ini?

Selamat Hari Guru Nasional!

https://merahputih.com/post/read/sejarah-dan-makna-hari-guru

1 COMMENT

LEAVE A REPLY