Home Hari Besar Selamat Hari Menanam Pohon Indonesia

Selamat Hari Menanam Pohon Indonesia

158
1
SHARE

Hari Menanam Pohon Indonesia
Berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008 ditetapkan bahwa tanggal 28 November merupakan Hari Menanam Pohon Indonesia. Tujuan diadakannya Hari Menanam Pohon Indonesia untuk memberikan kesadaran dan kepedulian masyarakat akan pentingnya pemulihan kerusakan hutan dan lahan hijau melalui gerakan penanaman pohon. Penanaman pohon diharapkan dapat memulihkan kembali salah satu sumber kehidupan makhluk hidup lainnya yaitu manusia dan hewan. Pada dasarnya, makhluk hidup itu saling ketergantungan satu sama lain. Jika salah satu dari kategori makhluk hidup itu habis atau punah, maka kategori lainnya juga terancam punah. Upaya untuk mencegah terjadinya kepunahan bagi seluruh makhluk hidup adalah saling menjaga keberadaan satu sama lain agar tetap lestari.

Hutan adalah sekumpulan berbagai jenis pohon yang tumbuh, hidup dan berkembang. Pohon sangat berjasa dan memiliki peran penting dalam kehidupan yaitu sebagai penghasil oksigen dan penyerap karbondioksida. Oksigen sangat diperlukan oleh makhluk hidup untuk bernafas, sedangkan karbondioksida adalah gas sisa hasil pernafasan yang dilakukan oleh manusia dan hewan.  Pohon berguna sebagai membersihkan partikel kotor yang mencemari udara seperti karbondioksida. Bila kelebihan karbondioksida dapat memicu terjadinya perubahan iklim global. Oleh karena itu, memperingati Hari Menanam Pohon ini, mari kita tingkatkan kesadaran dan kepedulian akan pentingnya untuk melestarikan eksistensi pohon dan hutan sebagai paru–paru bumi.

Selain pohon sebagai penghasil oksigen dan menyerap karbon dioksida, Untuk mengetahui lebih lanjut peran dan manfaat pohon bagi kehidupan yang lain. Simak penjelasan berikut ini :

Pohon sebagai habitat margsatwa

Pohon digambarkan sebagai elemen yang kuat yang bisa menjadi habitat dan tempat berlindung bagi para mahluk hidup. Burung-burung bisa membangun sangkarnya di sana agar lebih aman menyimpan telur mereka dari jangkauan hewan liar di bawah yang kesulitan naik ke atas pohon. Ada juga lebah yang membangun sarangnya di atas pohon dan tupai yang menyimpan makanan mereka di sana. Lalu, ke mana mereka akan tinggal tanpa pepohonan tersebut?

Pohon sebagai penghasil makanan

Ada pohon yang menghasilkan buah dan menjadi makanan bagi manusia serta hewan. Bukan hanya pohon buah, bahkan pohon biasa dengan dedaunan pun bisa menjadi makanan bagi hewan, seperti jerapah yang berleher panjang. Jadi, jika Anda merusak/memotong pohon sama saja dengan mengurangi populasi jerapah serta mahluk hidup lainnya.

Pohon untuk obat-obatan

Pasti Anda pernah mendengar yang namanya ramuan herbal? Ya, ramuan herbal ini adalah ramuan alami yang berasal dari alam kita sendiri. Daun-daun dari beberapa jenis pepohonan dapat menjadi obat untuk menyembuhkan atau pun vitamin untuk suplemen kesehatan kita.

Pohon baik untuk kesehatan mental

Alam atau pepohonan adalah lambang dari rileksasi/ketenangan. Penelitian menemukan bahwa pemandangan alam dapat menyembuhkan rasa stres dan penyakit secara psikologis dalam diri manusia.

Pohon sebagai penyedia kayu

Nah, ini dia yang menjadi sumber kehidupan sekaligus sumber masalah dari pohon. Dengan kayu kita bisa membangun rumah dan perabotannya, membuat kertas dan tisue, membuat peluang bisnis yang menguntungkan, dan masih banyak lagi. Semua itu untuk kelangsungan sekaligus kepentingan menusia. Terkadang kita, manusia terlalu egois dan serakah dalam menggunakannya, sampai kita lupa untuk menanamnya kembali. Yang kita pikirkan hanyalah manfaatnya untuk kita, tanpa memikirkan kehidupan pohon itu sendiri. Semakin banyak populasi manusia, maka kebutuhan terus meningkat pula. Sadarkah anda hutan di seluruh bumi ini sudah hampir gundul karena ulah kita?

Selain itu, terdapat fenomena Global Warming yang mengancam keberlangsungan kehidupan. Global Warming atau pemanasan global merupakan perubahan iklim global atau peningkatan suhu permukaan bumi oleh gas emisi karbondioksida yang berasal dari aktivitas manusia yang merusak seperti penebangan hutan, pembakaran hutan, dan pembuangan sampah dan limbah sembarangan serta aktivitas-aktivitas lainya. Dampak dari fenomena ini diantaranya naiknya suhu bumi yang menyebabkan makhluk hidup dapat dehidrasi bahkan mati, naiknya permukaan air laut diakibatkan mencairnya glester dan lapiran es di seluruh dunia tentu akan mengancam keseimbangan ekosistem dan timbulnya bencana besar dari peningkatan volume air laut, serta cuaca ekstrem dapat terjadi seperti kebakaran hutan, kekeringan, hingga banjir melanda kota-kota besar di seluruh dunia. Sadarkah anda global warming yang bisa menyebabkan kiamat dunia juga semakin dekat dengan kita?

Sekarang Anda sudah tahu kan betapa pentingnya pohon di bumi ini?

Marilah menanam satu pohon bermakna kalian untuk cikal bakal kehidupan selanjutnya.

Selamat Hari Menanam Pohon Indonesia

#HariMenanamPohonIndonesia

#HMANPNUP

#HMAN

#PNUP

#FamilyForever

https://dlh.probolinggokab.go.id/hari-menanam-pohon-indonesia-dan-bulan-menanam-pohon-nasional/

https://www.karirkawanlama.com/blog/knowledge-&-technology/hari-pohon-sedunia-pohon–perannya-di-bumi

1 COMMENT

LEAVE A REPLY