Home Hari Besar Hari Hak Asasi Manusia

Hari Hak Asasi Manusia

245
6
SHARE

Hari Hak Asasi Manusia sedunia
Bentuk pengakuan terhadap Hak Asasi Manusia yang disingkat dengan HAM yakni setiap tanggal 10 Desember diperingati Hari Hak Asasi Manusia Sedunia sejak tahun 1950. HAM dikembangkan setelah berakhirnya Perang Dunia II, dan puncaknya adalah disahkannya Universal Declaration of Human Right oleh Majelis Umum PBB pada tanggal 10 Desember 1948 melalui resolusi 217 A (III) di Paris. Deklarasi berisi tentang hak yang tidak dapat diganggu gugat dan dicabut oleh siapapun terkait hak sebagai manusia.

Awal dari pengakuan HAM telah dilakukan pada masa lampau, yaitu tahun 539 sebelum masehi. Peristiwa pasukan Raja Cyrus the Greath, raja Persia Kuno berhasil menaklukan kota Babylon. Penaklukan tersebut memiliki pengaruh besar bagi kemajuan peradaban manusia. Mereka membebaskan para budak dan Raja Cyrus membebaskan setiap orang memilih agama sesuai yang mereka inginkan. Membangun persaam ras demi kesetaraan dan martabat manusia. Keputusan yang dilakukan tersebut dicatat dan dituliskan dalam sebuah prasasti berbentuk silinder tanah liat. Dekrit tersebut ditulis dalam bahasa Akkadia dan aksara runcin disebut sebagai Cyrus Cylinder atau bisa disebut silinder Koresh.

Sumber : https://www.kompasiana.com/melarasatisusi/5519e8fd813311e07a9de132/silinder-koresh-undang-undang-hak-asasi-manusia-tertua

Catatan sejarah ini diakui sebagai undang-undang hak asasi manusia pertama dan tertua di dunia. Selain itu, Isi dari silinder Koresh diterjemahkan ke dalam enam bahasa resmi PBB dan ketentuan paralel dengan empat bagian dimasukkan ke isi dari Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia yaitu : hak hidup, hak kemerdekaan dan keamanan badan, pengakuan atas kepribadian, dan memperoleh pengakuan yang sama dengan orang lain menurut hukum dan mendapatkan jaminan hukum dalam perkara pidana. Gagasan silinder Koresh menyebar dengan cepat menuju India, Yunani dan Roma hingga terjadi Pertemuan PBB mengenai deklarasi Universal Hak Asasi Manusia.

Di Indonesia telah mengakui HAM tidak lama setelah kemerdekaan dengan diisahkannya UUD 1945 sebagai konstitusi Negara pada tanggal 18 Agustus 1945. Dalam UUD 1945 tertuang penjelasan mengenai HAM pada pembukaan UUD 1945 alinea keempat yaitu, “mencerdaskan kehidupan bangsa, memajukan kesejahteraan umum, melindungi segenap bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia” telah tercermin hak setiap individu Bangsa Indonesia. Selain itu, terdapat pada pasal 27 sampai pasal 34 UUD 1945 yang mengatur tentang hak asasi manusia.

Hak Asasi manusia dijabarkan sebagai hak dasar dan universal yang berlaku bagi semua manusia. Teori yang berlaku untuk semua manusia memilik martabat dan hak yang sama di seluruh dunia. Hak asasi manusia dilindungi dengan hukum dan undang – undang baik nasional maupun internasional. Oleh karena itu, negara wajib menghormati, melindungi dan memenuhi hak asasi manusia bagi rakyatnya, negara juga wajib menindaklanjuti pelanggaran yang dilakukan oleh berbagai pihak.

HAM berlaku kapan pun, dimana pun, dan kepada siapa pun manusia di dunia. HAM tidak dapat diganggu gugat dan tidak dicabut karena hak dasar yang dimiliki oleh manusia sejak lahir. Seperti kutipan berikut ini : “Saat Manusia itu dilahirkan,Saat itu pula dia mempunyai Hak HAM.”

“Mari kita lindungi, penuhi dan hormati hak asasi manusia! Karena setiap orang mempunyai martabat dan hak-hak yang sama.”

Selamat Hari Hak Asasi Manusia Sedunia.c
#HMANPNUP
#HMAN
#PNUP
#Familyforever

https://tirto.id/sejarah-hari-hak-asasi-manusia-yang-diperingati-tiap-10-desember-em9h

 

SHARE
Previous articleSelamat Hari AIDS Sedunia
Next articleObservasi Desa Binaan

6 COMMENTS

  1. Купить оптом перчатки виниловые, прямые поставки из Китая. Стоимость упаковки 610 р/50 пар., Компания Азия-Трейдинг, Екатерина тел. 88006005854

  2. Someone essentially help to make seriously articles I might state. This is the very first time I frequented your web page and to this point? I amazed with the analysis you made to create this actual publish extraordinary. Magnificent activity!

LEAVE A REPLY