Home PRESS RELEASE Arisan Wacana “Pro Kontra Pentingkah Perpustakaan pada Era ini?”

Arisan Wacana “Pro Kontra Pentingkah Perpustakaan pada Era ini?”

711
15
SHARE

Perpustakaan merupakan institusi yang mengumpulkan pengetahuan tercetak dan terekam yang dikelola dengan cara khusus guna memenuhi kebutuhan intelektual. Pada era ini, peran perpustakaan terkadang dianggap  mampu tergantikan oleh perkembangan internet. Hal tersebut terkait dengaan minat baca masyarakat terhadap E-book yang meningkat setiap tahunnya. Masyarakat tentunya memerluakan ruang kuntuk memenuhi kebutuhan intelektualitas yang pada hakikatnya dapat dipenuhi oleh perpustakaan umum. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa internet juga memiliki kelebihan dalam pemenuhan kebutuhan intelektualitas tersebut.

Bagaimana seharusnya kita sebagai mahasisawa(i) menanggapi persoalan tersebut??

Menurut fitri Alifonita “Bahwa memang pada saat ini tidak sedikit orang berpandangan bahwa internet akan menggantikan perpustakaan karena begitu banyaknya akses internet yang bisa dilakukan dengan hanya mengklik beberapa ikon. Dengan seperti itu mungkin sebagian besar orang-orang akan berfikir bahwa tidak perlu lagi mengungjungi perpustakaan karena mereka dapat melakukan penelusuran online. Tapi pada kenyataaannya “TIDAK” internet tidak dapat menggantikan perpustakaan. Masing-masing memiliki peran yang penting. keduanya internet dan perpustakaan dapat berdampingan satu- sama lain. Perpustakaan seharusnya mampu melakukan transformasi untuk merespon perkembangan lingkungannya yang semakin banyak digerakkan oleh teknologi. Perpustakaan memiliki atau menyediakan banyak informasi yang tidak tersedia di internet. Jadi gambaran umumnya perpusatakaaan akan selalu ada di masa lalu, masa kini, serta masa yang akan datang dan tentu saja perpustakaan ini akan berevolusi sejalan dengan perkembangan IPTEK. Yakni ada perpustakaan versi fisik(tempat) maupun perpustakaan melalui media internet”

Selain itu menurut beberapa ahli perpustakan tidak dapat digantikan oleh internet karena:

  1. “Perpustakaan sebagai tempat untuk tumbuh kembangnya individu, melakukan penemuan kembali, dan tempat berkumpul untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam proses politik dan isu-isu yang berpengaruh terhadap mereka”~ Luis Hererra
  2. “perpustakaan umum memiliki era vital sebagai penghubung orang-orang dengan kesenjangan ekonomi dan sosial untuk mengakses atau menggunakan ilmu pengetahuan, informasi dan teknologi komunikasi dan mengajarkan orang tentang bagimana memperoleh informasi yang terpercaya melalui internet. Kita tetap membutuhkan perpustakaan meskipun kita memiliki akses yang sangat luas untuk mendapatkan informasi dari internet. ~ Ian Clark

Selain itu pada dasarnya perpustakaan sebagai tempat yang tidak hanya digunakan untuk mendapatkan buku tetapi sebagi tempat interaksi sosial secara langsung dengan orang-orang baru yang tentu saja tidak kita temuka di internet dan juga dengan adanya interaksi antar dua orang atau lebih kita dapat berdiskusi dan bertukar pikiran  sehingga kita dapat memperoleh  pengetahuan yang baru yang dimana itu tidak akan terjadi apabila kita hanya mengakses internet. Dan juga di perpustakaan tidak mudah untuk mengakses situs porno maupun situs radikalisme yang sangat mudah kita dapatkan melalui internet dan tentu saja mengunjungi perpustakaan tidak akan membutuhkan biaya seperti halnya mengakses internet.

Pada intinya keduanya memiliki peran yang masing-masing penting terhadap kehidupan masyarakat selebihnya kita yang memisahkan antar benar dan salahnya, dan apapun itu tidak ada yang dapat menggantikan sesuatu, kembali lagi kepada kebutuhan manusianya apakah dia butuh perpustakaan atau butuh internet. Dan yah kita tidak akan hidup dengan banyak pengetahuan saat ini jika dulunya tidak ada tempat yang namanya perpustakaan sebgai penyimpan informasi.

Sedikit kutipan dari A’an Efendi Selaku dosen FH Universitas Jember “I spent three days a week for 10year education myself in public library, and it’s better than collage. People should educate themselves-you can get a complete education for no money.at the end 10 years, I had every book in the library and I’d written a thousand story” Pemilik perpustakaan pribadi

#HMANPNUP
#HMAN
#PNUP
#Familyforever

15 COMMENTS

  1. I’m impressed, I must say. Seldom do I encounter a blog that’s both educative and amusing, and let me tell you, you’ve hit the nail on the head. The problem is something not enough folks are speaking intelligently about. I’m very happy that I stumbled across this in my hunt for something concerning this.

  2. The next time I read a blog, I hope that it doesnt disappoint me as a lot as this one. I imply, I do know it was my choice to learn, however I really thought youd have one thing interesting to say. All I hear is a bunch of whining about one thing that you possibly can repair if you werent too busy looking for attention.

  3. I know this if off topic but I’m looking into starting my own blog and was wondering what all is required to get set up? I’m assuming having a blog like yours would cost a pretty penny? I’m not very web smart so I’m not 100 sure. Any tips or advice would be greatly appreciated. Thanks

  4. Preparation ahead when you travel lowers stress and anxiety. This is specifically important for a diabetic person. These 5 diabetes travel ideas are straightforward to implement and also critical to your diabetic person monitoring. They are specifically crucial if you are traveling abroad.

  5. A lot of the very best details concerning Technology can be located with checking out online, plus it is supplied at numerous other locations. The beginning, nonetheless, is normally the hardest part of basically any type of action as you definitely can not count on to achieve anything if you do not take the first step. There are extensive ideas that you can follow at Our Technology Site that you require to take to heart, and also put on stay on the right track each day. All you have to achieve is take advantage of the big portions of facts at this source, and you will recognize your goals.

  6. Hi, i believe that i saw you visited my website so i got here to “go back the choose”.I am trying to in finding things to enhance my website!I assume its adequate to make use of some of your ideas!!

  7. kalau kita melihat dimana perpustakaan ini berada, mungkin jika dia berada d daerah yg jringan internetnya bagus pasti perpustakaan sangat jarang dikunjungi krna teknologi semakin canggih, tetapi bagaimana dengan daerah yg belum memiliki kapasitas jaringan yg memadai maka perpustakaan sangat penting di daerah itu.

  8. I have been surfing on-line greater than three hours lately,
    yet I never found any attention-grabbing article like yours.
    It is beautiful value sufficient for me. In my
    opinion, if all webmasters and bloggers made just right content
    as you did, the web shall be a lot more helpful than ever before.

LEAVE A REPLY