Home MADILEN DETIK-DETIK UJIAN AKHIR SEMESTER

DETIK-DETIK UJIAN AKHIR SEMESTER

301
1
SHARE

SALAM REDAKSI!
Salam Family Forever teman-teman!
Apa kabarnya? Tidak terasa sudah menuju pekan terakhir perkuliahan di semester ganjil ini. Itu tandanya pekan UAS atau Ujian Akhir Semester telah tiba.

Materi yang telah dipelajari akan diujikan nantinya. Namun perlu diketahui apa yang harus dipersiapkan sebelum UAS apalagi berbasis online karena keadaan sekarang ini.

Mari membaca majalah dinding berikut:

Rekomendasi Lagu
1. Seven Lions – A Way To Say Goodbye
Lagu yang satu ini pas banget buat kamu yang ingin let your mind free dan menulis semua ide yang terlintas. Melodi dan beat kontemporernya sangat efektif mendorong kebebasan dalam menulis. Buat kamu yang merasa terbatasi kreativitasnya, yuk dengerin lagu ini! Berikut lirik lebih lengkap lagu yang satu ini.
2. Fourtwenty – Tenang
Lagu ini sangat cocok didengar saat belajar tergambarkan dari judulnya. Meskipun lagu ini sedikit melow, namun bagi sebagian orang yang menyukai lagu bernada lambat pasti akan terhibur dan bisa merasa lebih tenang dalam mengerjakan tugas.
3. Hindia -Evaluasi
Naik daun beberapa waktu terakhir, salah satu lagu Hindia yang bisa buat semangat belajarmu balik lagi adalah Evaluasi ini. Lagu ini seolah-olah mengajak kita untuk santai sejenak selagi mengevaluasi kehidupan. Segala rutinitas, luka, rintangan dan derita yang selama ini kita rasakan, adalah bagian dari kehidupan itu sendiri. Jadi syukuri dan jalani itu semua dengan ‘santai’ dan ingatlah bahwa kamu tidak pernah berjalan sendiri.
4. Beethoven – Symphony
Semua orang rasanya pernah mendengar alunan Beethoven. Ia mengemas tiap nada menjadi sesuatu yang indah. Sebuah simfoni yang akan menciptakan suasana kondusif untuk belajar.

Rekomendasi untuk dikonsumsi sebelum UAS
1. Alpukat
Pilihan buah yang baik selama masa menghadapi UAS atau ujian lainnya adalah alpukat. Buah ini kaya akan vitamin E. Sebuah riset yang dilakukan Martha dan koleganya di universitas menemukan bahwa konsumsi makanan yang kaya akan vitamin E berhubungan dengan penurunan risiko penyakit alzheimer.
2. Salad dengan dressing minyak zaitun
“Data mendukung bahwa makan makanan yang tinggi vitamin E dan ini termasuk salad sehat dengan dressing minyak, biji-bijian dan kacang, selai kacang, dan gandum utuh,” kata Martha Clare Morris, direktur gizi dan epidemologi gizi di Fakultas Penyakit Dalam, Rush University, Chicago, Amerika Serikat dikutip dari Health (21/9).
Sayuran memiliki kandungan antioksidan, vitamin E yang dapat membantu melindungi sel saraf. Pada penyakit alzheimer, saraf pada bagian tertentu pada otak mulai mati dan berujung pada kemunduran ingatan.
3. Kacang-kacangan
Camilan apa yang paling bagus dikonsumsi saat Ujian Akhir Semester? Jawabannya adalah kacang-kacangan. Dengan mengonsumsi kacangan-kacangan yang kaya akan sumber vitamin E, kamu bisa meningkatkan daya ingat otak. Selain itu, kacang-kacangan bisa mencegahmu dari rasa kantuk. Kamu bisa nyemil kacang almond, kenari, mede, hingga walnut. Pilih jenis kacang yang disangrai atau dipanggang karena lebih sehat dibanding yang digoreng.
4. Susu
Setelah lelah belajar semalaman, kamu bisa minum susu yang kaya kalsium agar sel-sel otak tetap terpelihara dan tubuh kamu jadi lebih bersemangat. Selain susu, kamu juga bisa mengonsumsi olahan susu seperti keju dan yoghurt. Yoghurt yang mengandung asam amino tirosina mampu meningkatkan daya ingat kamu, jadi kamu tak perlu takut lupa saat sedang menjalani ujian.

Pandangan Mahasiswa AN 2020 mengenai UAS Online
Agung Setiawan (1B D4)
Menurut saya kalau UAS online nanti ya tidak terlalu efektif karena pelaksanaannya secara tidak langsung. Mahasiswa dapat melakukan ketidakjujuran dalam artian melihat buku, searching di internet dan bertanya/kerjasama dengan teman apabila uas online.

Wahyuni (PDD Bone)
Menurut saya, sebenrnya ada dampak positif dan negatifnya. Kalau dampak positif tidak ribet, karena bisa dilakukan/dikerjakan dimana saja dan proses pengerjaanya lebih santai. Sedangkan kalau dampak negatifnya yaitu, kalau uas online kita bisa kerja sama dengan teman karena kurang memahami pelajarnnya karena waktu dosen menjelaskan banyak kendala-kendala salah satunya yaitu kendala jaringan yang tidak selalu baik.

Hal–hal yang harus dipersiapkan menjelang UAS:
1. Buatlah Jadwal belajar untuk setiap mata kuliah yang diambil di semester berjalan dan alokasikan waktunya masing-masing.
2. Susun resume atau rangkuman catatan setiap mata kuliah, sehingga Anda dengan mudah memetakan pelajaran atau materi kuliah tiap-tiapnya.
3. Untuk mata kuliah Eksakta (hitung-hitungan), membiasakan dengan berlatih soal-soal, cobalah kerjakan kembali contoh soal atau soal-soal yang diberikan oleh dosen.
4. Self Confidence (Percaya diri). Pancangkan niat dan tekad, bahwasannya, ketika UAS nanti, saya tidak akan bergantung sama sekali dengan teman, saya percaya dengan kemampuan saya.
5. Buatlah agar suasana dan tempat belajar Anda nyaman dan kondusif sehingga akan membuat Anda betah berlama-lama belajar.
6. Selalu jaga kesehatan. Atur waktu dan pola makan Anda dan olahraga, sehingga tubuh Anda tetap bugar dan fit sehingga peredaran darah Anda lancar.

Referensi:
http://www.ftunismabekasi.ac.id/index.php/cartikel/view/18/3011

#HMANPNUP
#HMAN
#PNUP
#Familyforever

1 COMMENT

LEAVE A REPLY