Home Hari Besar Hari Lingkungan Hidup Nasional

Hari Lingkungan Hidup Nasional

422
2
SHARE

Hari Lingkungan Hidup Nasional 2021

Berdasarkan website PMI Provinci Aceh yang bersumber dari International Society Public Arborikultur Sendi memiliki kesimpulan bahwa satu pohon menghasilkan 1,2 kg oksigen per hari, sedangkan satu orang bernafas memerlukan 0.5 kg oksigen per hari. Jadi satu pohon menunjang dua kehidupan orang dan menebang satu pohon berarti menghilangkan persediaan oksigen untuk dua orang. Bayangkan berapa orang kehidupannya dapat diselamatkan jika satu juta pohon ditanam?

Jawabannya adalah sekitar dua juta orang yang berhasil kehidupannya selamat untuk kesediaan oksigen. Dimuat dari website kompas.com penduduk Indonesia berdasarkan data BPS 30 Juni 2020 mencatat terdapat 268.583.016 jiwa. Oleh karena itu, gencarnya program penghijauan yang dilakukan pemerintah untuk memenuhi asupan oksigen untuk seluruh penduduk Indonesia, mulai dari menjaga hutan kota, melakukan reboisasi, melakukan tebang pilih, dan hal terkecil yang dapat dilakukan sebagai warga yang baik yaitu menjaga lingkungan rumah dan  sekitarnya agar tetap rindang dan lestari. Oksigen yang dihasilkan oleh pepohonan, makhluk hidup mengeluarkan karbondioksida dari hasil proses pernafasannya. Karbondioksida bagi bumi merupakan salah satu percemaran namun dapat diatasi dengan pepohonan membersihkann pencemaran karbondioksida tersebut dalam proses fotosintesis yang dilakukannya, Pepohonan menyerap karbondioksia yang di udara dibantu sinar matahari, air dan zat hara dalam melakukan fotosintesis yang menghasilkan salah satunya oksigen yang berguna dalam proses pernafasan bagi manusia dan hewan.  sehingga makhluk hidup seperti manusia, hewan dan tumbuhan(pepohonan) saling berhubungan satu sama lain.

Selain untuk kebutuhan oksigen dan terhindari dari pencemaran karbondioksida, Makhluk hidup juga memerlukan tersedianya kebutuhan air bersih untuk minum dan aktivitas lainnya. Air bersih didapat dari hasil filtrasi yang dilakukan pepohonan dalam mengubah air hujan menjadi air bersih yang akan digunakan makhluk hidup. Air bersih sebagai salah satu penunjang hidup yang penting. Oleh karena itu, pemerintah sangat menjaga kawasan hutan lindung untuk menjada sumber mata air yang akan digunakan makhluk hidup. Bila pasokan air bersih berkurang maka dapat menimbulkan bencana seperti kekeringan. Adapun bila pasokan air melebihi kapasitas penampungan di dalam tanah yang dibuat oleh pohon-pohon di hutan lindung, maka dapat mengakibatkan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. Bencana – bencana tersebut dapat mengakibatkan kerugian besar baik secara materi maupun non materi.

Peran pentingnya pepohonan di dalam hutan bagi mahluk hidup dalam kehidupan sehari-hari seperti kebutuhan oksigen dan air bersih. Hutan juga penting bagi keberlangsungan aneka flora dan fauna di Indonesia. Hutan sebagai habitan bagi flora dan fauna sehingga keseimbangan ekosistem tetap terjaga. Indonesia dikenal sebagai negara dengan tingkat biodiversitas yang tinggi, baik di lautan maupun daratan. Sayangnya banyak pembalakan liat serta alih fungsi yang mengancam kehidupan yang lestari di dalam hutan.

Melalui peristiwa penting dalam pelestarian pepohonan yakni setiap tanggal 10 Januari diperingati Hari Lingkungan Hidup Nasional dengan perencanaan gerakan satu juta pohon. Tujuannya agar pohon – pohon tidak kehilangan fungsinya sebagai penghasil oksigen dan air bersih bagi makhluk hidup serta terhindar dari bencana yang dapat terjadi. Tanamlah satu pohon di lingkungan sekitarmu untuk generasi selanjutnya. Kegiatan ini dapat menjadi bagian dari realisasi menjaga lingkungan hidup nasional serta senantiasa selalu peduli terhadap kelestarian pepohonan di lingkungan sekitarmu, maka lingkungan akan menjadi bersih dan asri.

Selamat Hari Lingkungan Hidup Nasional 2021, Mengawali tahun baru dengan semangat baru menjaga bumi kita tetap hijau. (stay safe and stay healthy for a better life)

Selamat Hari Lingkungan Hidup Indonesia
#HMANPNUP
#HMAN
#PNUP
#Familyforever

Referensi :
https://pmiaceh.or.id/artikel/141-pohon-penyumbang-oksigen-untuk-kehidupan-di-bumi.html
https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/nasional/read/2020/08/12/15261351/data-kependudukan-2020-penduduk-indonesia-268583016-jiwa

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY