Home PRESS RELEASE Bedah Film: Freedom Writers

Bedah Film: Freedom Writers

123
2
SHARE

Film “Freedom Writers” beredar pada tahun 2007, berdasarkan kisah nyata. Pada film ini bercerita tentang seorang guru kulit putih bernama Erin Gruwell yang mengajar di kelas 203 di sebuah sekolah di Long Beach, California. Namun proses pengajarannya tidak semulus dengan yang di bayangkan, karna murid murid yang harus dia ajar adalah murid murid kriminal yang terdiri dari berbagai ras dan seringkali terlibat kerusuhan antara geng atau ras.
Dominasi antar ras, perebutan wilayah di jalanan pun terjadi juga dalam kelas dan halaman sekolah. Kulit putih, Asia dan Latin semua hanya membela dan bicara dengan suku mereka sendiri. Hari pertama Erin mengajar berakhir dengan kerusukan. Kekerasan antar ras pun terjadi setiap hari dalam kelas.
Berkat kesabaran dan keuletan Erin, Erin berhasil mendekati mereka satu persatu. Menyatuhkan mereka bahkan membuat mereka menjalani hidup dengan lebih baik. Ia menunjukkan pada semua murid muridnya apapun warna kulit dan ras mereka tetap mempunyai kesamaan. Untuk menunjukkan hal tersebut, Erin melaksanakan sebuah metode yaitu memberikan sebuah buku dan menyuruh mereka bercerita dalam tulisan mengenai kisah hidup mereka sendiri seperti diary. Apa yang mereka rasakan mulai dari kemarahan dan sampai kekerasan yang mereka alami membuat mereka menjadi lebih dekat satu sama lain dan akhirnya menjadi seperti keluarga.
Erin sudah sukses mengubah murid muridnya yang bengal dan liar seperti anak jalanan akan tetapi kehidupan rumah tangganya gagal dan jalan yang dihadapi nya untuk membuat murid muridnya lebih baik pun mendapat deskriminasi dari guru yang tidak menyukainya.

Adapun pendapat teman-teman setelah menonton film ini yaitu :
-Film tersebut memberi pelajaran berharga, khususnya keberanian dalam menyampaikan kebenaran meskipun harus mengorbankan banyak hal hingga dijauhi orang orang terdekat sekalipun
-Film ini menggambarkan bagaimana cara mendidik pelajar dari berbagai latar belakang dan perbedaan serta memberi pelajaran tentang indahnya menyatukan perbedaan
-Film ini memberi pelajaran bahwa jika ingin mendapat hasil yang memuaskan, tentu harus dibarengi dengan totalitas
Jadi adapun kesimpulan atau pesan yang dapat disimpulkan dalam film “Freedom Writers” dapat dilihat sebagai berikut: Pertama, tindakan diskriminasi ras dalam sebuah lingkup pendidikan seperti pembedaan perlakuan, pemisahan murid-murid dan praktek stereotipe negatif terhadap ras lain. Tindakan tersebut telah mengakar kuat di dalam kehidupan masyarakat dan hanya segelintir orang yang menghargai keberagaman yang ada. Kedua, kekerasan ras melekat di dalam kehidupan masyarakat terutama remaja usia sekolah yang lekat dengan kehidupan gang. Kehidupan gangster merupakan sebuah sarana mereka untuk mengagungkan tindakan kekerasan dengan alasan menjaga kehormatan kelompoknya. Ketiga, perjuangan untuk menghapuskan diskriminasi dan kekerasan ras di lingkup pendidikan dengan pendekatan multikultural membawa perubahan positif bagi kehidupan murid-murid dari berbagai golongan ataupun ras.
Adapun poin penting yang terdapat dalam film yaitu pentingnya pendidikan karakter. Tentang bagaimana kita mengenal siapa yang akan di didik sehingga kita mengetahui metode yang tepat dan tidak hanya terpaku pada kurikulum saja.

#HMANPNUP
#HMAN
#PNUP
#Familyforever

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY