Home Hari Besar Hari Kanker Sedunia

Hari Kanker Sedunia

155
8
SHARE

HARI KANKER DUNIA

Dikutip dari Wikipedia. Hari Kanker Sedunia dirayakan setiap 4 Februari untuk meningkatkan kesadaran terhadap kanker dan mendorong pencegahan, deteksi, dan pengobatan kanker. Hari Kanker Sedunia dibentuk oleh Union for International Cancer Control untuk mendukung Deklarasi Kanker Dunia, yang dibuat pada tahun 2008.

Memang benar, kanker merupakan masalah kesehatan yang kritis. Walaupun begitu, setidaknya sepertiga dari penyakit kanker dapat dicegah. Sehingga perayaan Hari Kanker Sedunia diharapkan dapat mengurangi jumlah pasien kanker yang meninggal dunia.

 

TANDA & GEJALA UMUM KANKER

Masyarakat perlu mengetahui atau sekedar mengenal beberapa tanda dan gejala umum kanker pada seseorang. Sehingga, masyarakat bisa mencegah penyakit kanker sebelum menjadi lebih ganas. Berikut ini beberapa tanda dan gejala umumnya:

  • Berat badan yang turun secara drastis.
  • Muncul benjolan. Biasanya benjolan bisa muncul di berbagai tempat, seperti payudara, perut dan lainnya sehingga harus segera diperiksakan.
  • Terkadang adanya pendarahan pada bagian yang tidak lazim. Contohnya, bagi wanita yang belum memasuki masa datang bulan tetapi mengalami menstruasi.
  • Muncul rasa nyeri yang menetap pada bagian tubuh tertentu.
  • Adanya rasa lelah dan lesu yang tak kunjung hilang.

 

PENTINGNYA PERAYAAN HARI KANKER DUNIA

Tahukah kalian? Penyelenggaraan Hari Kanker Sedunia disebut-sebut bisa menyelamatkan setidaknya 3,7 juta orang setiap tahunnya. Sebab, dalam perayaan tersebut terdapat informasi mengenai deteksi dini hingga pencegahan. Serta, perayaan ini juga secara langsung maupun tidak langsung dapat memberikan motivasi bagi penderita kanker agar bisa tetap semangat dalam berjuang untuk menyembuhkan penyakitnya.

 

Selamat Hari Kanker Sedunia!

#HMANPNUP

#HMAN

#PNUP

#Familyforever

 

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4885353/fakta-fakta-hari-kanker-sedunia-yang-dirayakan-hari-ini

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Hari_Kanker_Sedunia

8 COMMENTS

LEAVE A REPLY