Home Hari Besar Selamat Hari Air Sedunia

Selamat Hari Air Sedunia

193
4
SHARE

Hari Air Sedunia atau #WorldWaterDay merupakan sebuah peringatan untuk menarik perhatian publik masyarakat sedunia serta menyadarkan akan pentingnya air bersih  dan pengelolaan sumber air yang berkelanjutan.

Pada tanggal 22 Desember 1992 saat Sidang Umum  PBB ke-47 di Rio De Janeiro, Brazil telah disepakati bahwa air sedunia diperingati setiap tahunnya tanggal 22 Maret. Namun, peringatannya baru dimulai di tahun 1993 dengan tujuan  supaya masyarakat di dunia memberi dukungan dalam konservasi air dengan cara mengurangi penggunaan air keran yang berlebihan. Maka dari itu, PBB gencar melakukan sosialisasi tentang peringatan ini melalui berbagai kegiatan nyata.

Setiap tahunnya pada Hari Air Sedunia diperingati terdapat juga tema khusus yang diangkat dari isu sumber daya air yang ada di dunia. Contohnya seperti ditahun 2020, tema Hari Air Sedunia ke-28 yang diusung oleh UN Water adalah “Water and Climate Change” atau “Air dan Perubahan Iklim”. Di tahun 2021 pada Hari Air Sedunia ke-29, tema yang diusung oleh UN Water adalah “Valuing Water” atau “Menghargai Air”.

Tiap orang mungkin memiliki perbedaan mengenai pentingnya sebuah Air. Karena hal itu, ada saja orang yang tidak peduli dan tidak menghargai Air yang dimilikinya. Padahal, Air sangat penting untuk kehidupan di setiap harinya. Mau itu untuk anak kecil, remaja, hingga orang dewasa, bahkan di berbagai tempat yang ada.

Saat ini, terdapat beberapa berita yang menyiarkan tentang masih kurangnya air bersih dan tidak mengalirnya air di berbagai wilayah Indonesia. Kita ambil contoh kecil dan terdekat dengan lingkungan mahasiswa HMAN yaitu di Kampus 2 Politeknik Negeri Ujung Pandang yang terletak di Moncongloe, Maros. Kurangnya air yang disediakan di kampus 2, khususnya jurusan Administrasi Niaga membuat para mahasiswa kesulitan jika ingin membuang air, serta ketika ingin mengambil wudhu. Lebih parahnya jika air keran tidak mengalir, sehingga para mahasiswa melakukan kegiatan-kegiatan tadi di wc milik jurusan lain.

Menurut Daeng Tiro Mappasomba atau yang kerap dipanggil dengan Pak Saha mengenai masalah air yang tejadi di Kampus 2, “Masih seperti tahun-tahun sebelumnya, masih mengandalkan mobil tangki untuk distribusi air ke kampus 2. Sebenarnya kita tidak akan kekurangan air jika pam di kampus 1 lancar, cuma yang menjadi kendala selama ini selain air pam-nya kadang macet mesin pompanya juga biasa rusak saat musim kemarau.”

“Kendala ke-2 kenapa kita sering atau cepat kehabisan air di kampus 2 khususnya di jurusan AN itu disebabkan kurangnya kesadaran bagi adik-adik mahasiswa untuk saling menghemat pemakaian air, karena selama ini yang saya liat kadang keran air di toilet (WC) sering terbuka dan airnya terbuang sia-sia dan tidak ada yang ingin atau peduli untuk mematikan air kran tersebut, sehingga airnya jalan terus.” Lanjut Pak Saha menjelaskan mengenai masalah air.

“Padahal kita itu punya kewajiban menjaga dan memelihara fasilitas kampus, nah kalau masalah kurang air saja susah ditutup apalagi yang lain.” Tutur Pak Saha di akhir penjelasannya.

Sekali lagi, air itu sangat penting untuk kehidupan. Aku, kamu, kita semua, sudah sewajibnya dapat menghargai air yang ada. Hemat dan gunakan sebijak mungkin air yang kita miliki.

 

Penulis: Egi Aprilia Syaiputri

Sumber: http://pamsimas.org/memperingati-hari-air-sedunia-ke-28-tahun-2020/

https://pgsp.big.go.id/hari-air-sedunia/

 

#HMANPNUP

#HMAN

#PNUP

#Familyforever

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY