Home PRESS RELEASE Desa Binaan (Steach) Student Teaching

Desa Binaan (Steach) Student Teaching

119
4
SHARE

Desa Binaan (Steach) Student Teaching

di Desa Cenrana Kab. Maros


Pendidikan merupakan elemen penting bagi negara ini. Bukan hanya di kota-kota besar, pendidikan di desa-desa juga sangat dibutuhkan. Upaya pemerataan pendidikan yang dilakukan pemerintah juga membuktikan bahwa rakyat didesa terpencilpun berhak menerima pendidikan. Keberlangsungan program pendidikan didukung oleh penerapan teknologi yang memudahkan potensi pencapaian target yang telah direncanakan. Namun, dilihat dengan kondisi sekarang ini dimana pandemi covid-19 menjadi tantangan tersendiri bagi kreativitas setiap individu dalam menggunakan teknologi untuk mengembangkan dunia pendidikan. Pandemi Covid-19 telah memberikan gambaran atas kelangsungan dunia pendidikan di masa depan melalui bantuan teknologi.

Melihat pentingnya penerapan teknologi dalam proses pendidikan, Pengurus Harian Himpunan Mahasiswa Administrasi Niaga pada hari Selasa 23 Maret 2021 telah berkunjung ke Desa Cenrana Kabupaten Maros dengan agenda Desa Binaan dan STEACH (Student Teaching). Dalam kegiatan tersebut, telah dilaksanakan proses interaksi belajar antara mahasiswa dengan aparat desa setempat. Selama proses edukasi tersebut berlangsung, peserta dalam hal ini pegawai kantor Desa Cenrana menyampaikan kendala-kendala yang dialami selama mengurus administrasi kantor. Seperti persuratan, pengarsipan, maupun kendala ketika menjalankan software komputer seperti Ms Word dan Ms Excell.

Terdapat tiga pemateri yakni Mushilda, Anggafar, dan Afdali yang duduk di depan saling bergantian menyampaikan solusi untuk kendala yang dialami aparat desa. Dibantu dengan pengurus lainnya dengan menyediakan modul yang berisi rangkuman dasar-dasar pengoperasian Ms Word dan Ms Excell.

Kegiatan tersebut berlangsung kurang lebih 120 menit di aula Kantor Desa Cenrana. Dengan fasilitas seadanya dimana tidak ada pendingin didalam ruangan namun mereka tetap semangat dan antusias mengikuti proses penyampaian materi. Pentingnya ilmu yang disampaikan dapat mereka terapkan dalam kesehariannya ketika bekerja di kantor desa. Dan harapannya kendala yang telah disampaikan dapat teratasi. Tak terlepas dari itu, mahasiswa juga siap membantu ketika telah kembali ke Makassar dengan komunikasi jarak jauh memanfaatkan teknologi yang ada.

Hasil yang telah dicapai setelah kegiatan tersebut dilaksanakan adalah pemahaman dan pengetahuan pegawai di kantor desa bertambah. Mereka kini dapat mengoperasikan software Ms Word dan Ms Excell dengan mudah. Contoh kecilnya dimana dulunya mereka belum lancar memakai fitur daftar isi otomatis, namun setelah mendapatkan penjelasan dari ketiga mahasiswa tadi kini pegawai sudah bisa membuat daftar isi otomatis.

Mahasiswa yang menjunjung tinggi nilai kekeluargaan dan nilai sosial yang tinggi akan senangtiasa menerapkan ilmu yang telah didapatkan di kampus kepada masyarakat dengan sukarela dan niat ikhlas. Sembari mendukung penerapan teknologi dalam dunia pendidikan.

Penulis: Syahriana
Desainer: A. Hasmaniar Mumtazah

#HMANPNUP
#HMAN
#PNUP
#Familyforever

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY