Home MADILEN Ramadhan Produktif

Ramadhan Produktif

222
0
SHARE

Salam Redaksi
Salam family Forever!
Apa kabar teman-teman? Tidak terasa kita sudah memasuki bulan ramadhan. Kali ini menjadi ramadhan kedua disituasi pandemi. Tetapi, itu tidak mengurangi semangat kita untuk menyambut bulan ramadhan!
Senang bisa berjumpa kembali dalam mading edisi April yang bertemakan Ramadhan Produktif.
Dalam memasuki bulan ramadhan, banyak yang kita perlu ketahui dan persiapkan. Nah, maka dari itu kita perlu mengetahui beberapa hal yang perlu dipersiapkan dalam bulan ramadhan.
Mari membaca majalah dinding berikut

Menu Sahur Meningkatkan Stamina
1. Madu
Mengonsumsi madu merupakan salah satu upaya untuk bisa mengembalikan kembali stamina tubuh saat puasa. Hal ini disebabkan karena dalam 100 gram madu terdapat 82.4 gram karbohidrat, air 17.10 gram, vitamin B6 2 persen, dan vitamin C 1 persen. Dengan total energi 1272 kJ (304 kcal).

2. Kurma
Kandungan karbohidrat dalam buah kurma ini cukup banyak sehingga wajib dijadikan santap berbuka dan sahur sebelum menjalankan ibadah puasa. Selain itu kandungan anti-oksidan dalam buah kurma juga cukup tinggi. Sehingga buah ini juga dapat diandalkan untuk membantu mengurangi inflamasi, risiko diabetes, hingga alzheimer.
Kaya protein, lemak, serat, dan berbagai vitamin serta mineral. Kandungan serat yang tinggi dalam buah kurma juga mampu melancarkan sistem pencernaan saat menjalani puasa di bulan Ramadan. Kandungan potasium dalam buah kurma juga sangat membantu dalam mengatur keseimbangan cairan tubuh saat puasa.

3. Kacang Almond
Jenis kacang yang baik dikonsumsi saat puasa adalah kacang almond. Kacang yang memiliki kandungan protein dan lemak cukup tinggi. Kandungan inilah yang akan membantu tubuh menjadi tetap berenergi saat puasa. Dan juga mampu membantu mengembalikan stamina tubuh setelah menjalani ibadah puasa selama 14 jam.

4. Kentang
Dengan karbohidrat inilah kentang bisa diandalkan untuk bisa menghasilkan banyak energi. Sehingga stamina tubuh juga akan kembali dengan optimal tanpa harus mengonsumsi banyak nasi. Selain itu kandungan proteinnya juga mampu menjadi sumber energi cadangan yang bisa digunakan saat puasa selama 14 jam.
Kandungan serat dalam kentang juga mampu memelihara kesehatan saluran pencernaan. Pati dalam kentang juga mampu mengontrol gula darah saat berpuasa

Kegiatan yang hanya ada di bulan ramadhan
1. Obrog-Obrog
Obrog-obrog alias membangunkan orang sahur saat bulan Ramadhan menjadi tradisi rutin yang hanya ada di bulan Ramadhan. Biasanya kegiatan ini dilakukan dengan menabuh bedug dan gendang berkeliling kampung atau perumahan sambil berteriak “sahur.. sahur”

2. Ngabuburit
Ngabuburit diambil dari istilah dalam bahasa Sunda “burit” yang berarti sore menjelang malam. Istilah ini lahir dari tradisi masyarakat yang sedang berjalan-jalan mencari makanan sebelum berbuka puasa ataupun justru bersedekah dan membagikan takjil di jalan untuk orang lain yang sedang berpuasa dan dalam perjalanan menuju rumah atau tempat berbuka puasa. Hal positif lainnya pun bisa dilakukan selama waktu menunggu berbuka puasa ini, seperti membaca Al Qur’an ataupun mendengarkan ceramah bersama

3. Pembagian Ta’jil
Kegiatan membagikan takjil gratis atau makanan untuk membatalkan puasa ini banyak kita temui terutama di pinggir jalan ataupun di masjid-masjid banyak dilakukan umat islam maupun yayasan atau komunitas tertentu, hal ini dilakukan karena selama bulan puasa Umat Islam diperintah untuk memperbanyak sedekah, sebab pahala yang berlipat-lipat melebihi pahala yang didapat dibulan lainnya.

4. Sahur On the Road
Kegiatan sahur di jalan ini sebenarnya bukan hanya soal makan sahur bersama-sama dengan teman di jalan, melainkan membagikan makanan sahur kepada saudara-saudara yang membutuhkan saat menjelang waktu sahur bersama teman-teman. Yap, jangan lupa banyak bersedekah ya selama bulan Ramadhan

5. Takbiran keliling
Pada malam menjelang Lebaran, setelah bulan Ramadhan berakhir dengan dikumandangkannya adzan maghrib di hari terakhir puasa Ramadhan, takbir pun mulai dikumandangkan. Tradisi Takbiran keliling kampung pada malam takbiran ini biasanya juga menjadi salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu terutama bagi anak-anak

Tahukah Anda?
A: Ayo pergi ngabuburit nanti!

B: Mau apa pergi ngabuburit? Mending tidur.

A: Tidur terus kerjamu selama puasa. Nda boleh nah.

B: Eh tidurnya orang puasa itu dapat pahala. Menurut HR Baihaqi,”Tidurnya orang puasa adalah ibadah, diamnya adalah tasbih, amal ibadahnya dilipatgandakan, dianya dikabulkan, dan dosanya diampuni,” Jadi lebih baik tidur, pas bangun buka mi orang.

A: Nda begitu nah. Menurut penjelasannya Imam Al-Ghazali, “Sebagian dari tata krama puasa adalah tidak memperbanyak tidur di siang hari, hingga seseorang merasakan lapar dan haus dan merasakan lemahnya kekuatan. Dengan demikian hari akan menjadi jernih”. Lebih baik lakukan hal-hal yang positif. Daripada tidur terus sepanjang hari. Apalagi kalau nda sholat karena ketiduran. Bisa-bisa nol pahala puasamu.

B: Saya sekali mi itu biasa nda sholat Ashar gara-gara tidur.

A: Makanya mending baca Al-Qur’an dari pada tidur terus.

Nah jangan sampai salah kaprah lagi ya. Tidur selama puasa tidak selamanya ibadah. Lebih baik melakukan aktivitas yang menambah pahala. Semangat puasa, everyone!!!

Salam-salam dari Mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga
1. Irmawanty Syam 4AD4
Dear Trio from Buna, semangat puasanya, pklnya, nyusun proposalnya , be the best and u can get the best.

2. Anggafar 2AD4
Esok adalah harapan, sekarang adalah pengalaman, kemarin adalah kenangan, yang tak luput dari kekhilafan. Mohon maaf lahir dan Batin. Semoga Ramadhan kali ini lebih baik dari Ramadhan tahun lalu. Aamiin Istiqamah di jalan-Nya Melihat segalanya dengan hati yang bersih, tanpa mengharap pujian sesama. Sucikan Hati, Damaikan Jiwa Menyambut Bulan yang Penuh Berkah. Semoga menjadi Ramadhan yang berkah, berdoa mengharap istiqamah di jalan-Nya.

3. Dwi pratiwi firdaus 3AD3
Marhaban Ya Ramadhan. Selamat menjalankan ibadah Puasa teman-teman muslim, Mari kita Menahan hawa nafsu dan beribadah lebih rajin.

4. Nurul athifah dalif 1ED4
Untuk teman-teman yang menjalankan ibadah puasa, semangat berpuasa dan jadikan bulan Ramadhan ini sebagai bulan pengampunan dan penuh rahmat, perbanyak ibadah dan jauhi kegiatan yang membuat puasa kalian batal yah.

LEAVE A REPLY