Home Hari Besar Selamat Hari Pendidikan Nasional

Selamat Hari Pendidikan Nasional

56
0
SHARE

Tepat tanggal 2 Mei lahir salah seorang tokoh pejuang dibidang pendidikan di Indonesia, Ki Hajar Dewantara dijadikan sebagai hari Pendidikan Nasional. Hal ini dikarenakan dedikasi yang diberikan dalam bidang pendidikan sangatlah besar. Beliau telah mendirikan institusi pendidikan yang bernama “Taman Siswa” dan “Sekolah Kerakyatan” yang belokasi di Yogyakarta.

Dikutip dari isi pidato Presiden Soeharto mengatakan bahwa Ki Hadjar Dewantara sebagai Pahlawan Nasional yang telah memelopori suatu sistem pendidikan yang berdasarkan kepribadian dan kebudayaan nasional.

Maka dari itu, sudah seharusnya kita mewarisi buah pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang tujuan pendidikan yaitu memajukan bangsa secara keseluruhan tanpa membeda-bedakan agama, etnis, suku, budaya, adat, kebiasaan, status ekonomi, status sosial, dan sebagainya, serta harus didasarkan kepada nilai-nilai kemerdekaan yang asasi. Inilah yang menjadi esensi makna hari pendidikan nasional yang setiap tahun diperingati.

Pendidikan hendaknya membantu peserta didik untuk menjadi merdeka dan independen secara fisik, mental dan spiritual; pendidikan hendaknya tidak hanya mengembangkan aspek intelektual sebab akan memisahkan dari orang kebanyakan; pendidikan hendaknya memperkaya setiap individu tetapi perbedaan antara masing-masing pribadi harus tetap dipertimbangkan; pendidikan hendaknya memperkuat rasa percaya diri, mengembangkan harga diri; setiap orang harus hidup sederhana dan guru sepatutnya tulus dan rela mengorbankan kepentingan pribadinya demi kebahagiaan peserta didiknya.

Singkatnya, kita perlu menyadari bahwa tujuan pendidikan adalah memanusiakan manusia. Pendidikan hendaknya menghasilkan pribadi-pribadi yang lebih manusiawi, berguna dan berpengaruh di masyarakatnya, yang bertanggungjawab atas hidup sendiri dan orang lain, yang berwatak luhur dan berkeahlian.

#Selamatharipendidikannasional
#HMANPNUP
#HMAN
#PNUP
#Familyforever

Editor: Syahriana

Desainer: Afni Rahmasari

 

Referensi:

Designed by Freepik

https://tipsserbaserbi.blogspot.com/2015/05/sejarah-dan-makna-hari-pendidikan.html

SHARE
Previous articleSelamat Hari Buruh Sedunia

LEAVE A REPLY