Home MADILEN Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah

Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah

248
2
SHARE

Salam Redaksi

Salam family Forever!
Apa kabar teman-teman? Semoga kita semua tetap dalam keadaan sehat dan terhindar dari wabah Covid-19
Senang bisa berjumpa kembali dalam mading edisi Juli yang bertemakan Idul Adha.
Tak terasa yah, kita akan memasuki Idul Adha atau Lebaran Haji. Meski kali ini kita merayakannya ditengah kondisi pandemi, tetapi itu tidak menghalangi semangat kita untuk menyambut hari raya!
Nah, kalian sudah tahu gak apa-apa saja yang perlu diketahui dan di persiapkan menjelang hari raya?
Mari membaca majalah dinding berikut 🤗

Rekomendasi Makanan

Eid Adha is coming!!! Hari raya Idul Adha yang identik dengan potong hewan qurban ini pastinya membuat kulkas di rumah kalian penuh dengan daging kan? Biar olahan daging saat hari raya nanti lebih bervariasi, berikut rekomendasi makanan hari raya untuk kalian :
1. Sate
Yang pertama adalah sate. Siapa sih yang nggak tahu sate? Sate ini salah satu makanan olahan daging yang paling fleksibel, bisa menggunakan daging, ayam, sapi, atau kambing. Proses pembuatannya juga terbilang cukup mudah nih jadi sayang untuk melewatkan menu ini. Bakar-bakar sate saat kumpul keluarga di hari raya menyenangkan bukan?
2. Rendang
Lebaran tanpa makanan ini sepertinya kurang lengkap ya? Makanan satu ini memang salah satu makanan wajib saat hari raya. Meski makanan ini berasal dari Pulau Sumatra, tapi cara pembuatan makanan ini sudah nggak asing lagi. Salah satu yang membuat makanan ini banyak dibuat saat hari raya adalah rendang bisa disimpan lama alias nggak gampang basi.
3. Coto Makassar
Yang tidak boleh terlewatkan saat hari raya adalah makanan berkuah, salah satunya adalah Coto Makassar. Untuk makanan satu ini sepertinya tidak butuh banyak penjelasan lagi, kalian semua sudah pernah makan kan?
4. Sop Konro
Makanan berkuah lain yang tidak boleh ketinggalan adalah sop konro. Makanan khas Sulawesi Selatan ini juga sering dicari-cari saat lebaran. Selain daging, tulang rusuk sapi sering juga dijumpai di kulkas rumah kita nih. Dan mengolahnya menjadi sop konro adalah pilihan yang tepat.
5. Sop Daging
Makanan sederhana ini recommended untuk dihidangkan saat lebaran nanti. Proses memasaknya yang gampang sering menjadi pilihan makanan berkuah disamping dua makanan sebelumnya.
Nah itu dia beberapa rekomendasi makanan saat hari raya idul adha nanti. Jangan lupa dimakan bersama burasa’ atau ketupat ya biar makin nikmat.

Amalan-Amalan Sunnah

Berikut uraian lengkap amalan-alaman sunah sebelum dan sesudah shalat Idul Adha yang baik jika kita amalkan:
1. Mandi besar.
2. Berhias dan memakain wangi-wangian bagi pria.
3. Mengenakan pakaian yang paling bagus.
4. Tidak makan sampai pulang dari shalat Idul Adha.
5. Pergi untuk mengerjakan shalat dan pulangnya dari shalat hendaknya mengambil jalan yang berlainan.
6. Memperbanyak bacaan takbir dimulai dari subuh pada hari Arafah (tanggal 9 Dzulhijah) dan pada tiap-tiap shalat fardhu yang lima waktu pada hari hari tanggal tersebut.
7. Wanita haid tetap menuju ke tempat shalat Idul Adha.

Sejarah Qurban

Iduladha (bahasa Arab: عيد الأضحى‎) adalah sebuah hari raya Islam. Pada hari ini diperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim, yang bersedia untuk mengorbankan putranya Ismail untuk Allah, kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan domba.
Pada hari raya ini, umat Islam berkumpul pada pagi hari dan melakukan salat Id bersama-sama di tanah lapang atau di masjid, seperti ketika merayakan Idulfitri. Setelah salat, dilakukan penyembelihan hewan kurban, untuk memperingati perintah Allah kepada Nabi Ibrahim yang menyembelih domba sebagai pengganti putranya.
Iduladha jatuh pada tanggal 10 bulan Zulhijah, hari ini jatuh persis 70 hari setelah perayaan Idulfitri. Hari ini juga beserta hari-hari Tasyrik diharamkan puasa bagi umat Islam.
Pusat perayaan Iduladha adalah sebuah desa kecil di Arab Saudi yang bernama Mina, dekat Makkah. Di sini ada tiga tiang batu yang melambangkan Iblis dan harus dilempari batu oleh umat Muslim yang sedang naik haji.
Iduladha adalah puncaknya ibadah Haji yang dilaksanakan umat Muslim. Terkadang Iduladha disebut pula sebagai Idulkurban atau Lebaran Haji.

Sekilas Info

Menteri Agama (Menag) Yaqut Choli Qoumas menggelar konferensi pers di Gedung Kementrian Agama, Jakarta, Kamis (3/6/2021). Pemerintah memastikan tidak memberangkatkan Jemaah haji Indonesia pada musim haji 1442H/ 2021M
Pemerintah Indonesia resmi tidak memberangkatkan jemaah Haji tahun 2021. Keputusan diambil setelah Pemerintah Arab Saudi hingga saat ini belum juga memberi kepastian apakah Jemaah Haji Indonesia bisa diberangkatkan.
Alasan Pembatalan:
Faktor kesehatan, keselamatan, dan keamanan jemaah haji yang terancam akibat pandemi Covid-19 yang melanda hampir seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia dan Arab Saudi menjadi alasan yang pertama.
Pertimbangan kedua adalah karena Kerajaan Arab Saudi hingga kini belum mengundang pemerintah Indonesia untuk membahas dan menandatangani nota kesepahaman tentang persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2021.
Selain itu Arab Saudi juga belum membuka akses layanan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, padahal pemerintah Indonesia memerlukan waktu untuk melakukan persiapan pelayanan jemaah haji. Yaqut mengatakan pihaknya telah berdiskusi dengan Komisi VIII DPR RI, berkomunikasi dengan para alim ulama, pimpinan-pimpinan ormas Islam, hingga biro perjalanan haji terkait keputusan pembatalan ini.
Dana Haji 1442 H
Yaqut mengatakan bahwa jemaah haji yang gagal berangkat tahun 2021 bisa mengambil kembali biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) yang sudah disetor ke pemerintah.

Designed by Freepik
Desainer: Marwan

#HMANPNUP
#HMAN
#PNUP
#Familyforever

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY