Home Hari Besar Hari Tentara Nasional Indonesia

Hari Tentara Nasional Indonesia

142
0
SHARE

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam Family Forever 💚

Tentara Nasional Indonesia (TNI) merupakan alat pertahanan Negara Kesatuan Indonesia (NKRI) yang memiliki tugas melaksanakan kebijakan pertahanan negara untuk menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah, dan melindungi keselamatan bangsa.

Tentara Nasional Indonesia (TNI) lahir dalam perjuangan rakyat Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaannya dari ancaman Belanda yang berambisi menjajah kembali Indonesia melalui kekerasan bersenjata. TNI sejak didirikan mengalami banyak perkembangan dan penyempurnaan organisasi untuk mencapai efektifitas dan efisiensi dalam melaksanakan perannya.

Berawal dari pembentukan organisasi Badan Keamanan Rakyat (22 Agustus 1945) selanjutnya berkembang menjadi Tentara Keamanan Rakyat (5 Oktober 1945). Tentara Keamanan Rakyat kemudian berubah nama menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI) (23 Januari 1946). TNI secra resmi berdiri pada tanggal 3 Juni 1947 sebagai persatuan dua kekuatan bersenjata.
Tahun 1962, TNI digabungkan dengan Kepolisian Negara (Polri) menjadi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI). Pada 1 April 1999, TNI dan Polri secara resmi kembali dipisah. Sebutan ABRI sebagai tentara dikembalikan menjadi TNI.

TNI dibagi Menjadi 3 Matra/Angkatan yaitu Tentara Nasional Angkatan Darat (TNI-AD), Tentara Nasional Angkatan Udara (TNI-AU), dan Tentara Nasional Angkatan Laut (TNI-AL).

TNI sebagai alat negara memiliki fungsi sebagai :
1.Penangkal terhadap setiap bentuk ancaman militer dan ancaman beresenjata dari luar dan dalam negeri terhadap kedaulatan, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa.
2.Penindak terhadap setiap bentuk ancaman
3.Pemulih terhadap kondisi keamanan negara yang terganggu akibat kekacauan keamanan
4.Dalam melaksanakan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1), TNI merupakan komponen utama sistem pertahanan negara.

Adapun tugas pokok dari TNI, seperti :
-Operasi Militer Perang (OMP) merupakan pengarahan dan penggunaan kekuatan TNI untuk melawan ancaman berupa kekuatan militer negara lain yang melakukan agresi terhadap Indonesia dan dalam konflik bersenjata dangan suatu negara lain atau lebih, yang didahului dengan adanya pernyataan perang dan tunduk pada hukum perang Internasional.
-Operasi Militer selain Perang (OMSP) merupakan pengerahan dan penggunaan kekuatan TNI untuk melawan atau menghadapi ancaman selai kekuatan militer suatu negara baik ancaman itu menggunakan senjata maupun tidak bersenjata; serta untuk mendukung kepentingan nasional.

Sungguh begitu besar perjuangan yang diberikan oleh para TNI untuk negara kesatuan republik Indonesia. Kiranya hari ini adalah tepat lahirnya TNI. Jika tidak bisa membalas sesuatu yang berarti bagi mereka. Maka, tidak ada salahnya jika kita berikan ucapan selamat HUT TNI dan selalu memberikan dukungan yang terbaik.”

✨ Selamat Hari Ulang Tahun TNI ke-76 ✨

Design : Incenurfadila
Caption : Argenastha Meigrita

#HUTTNI
#HMANPNUP
#HMAN
#PNUP
#FAMILYFOREVER

Referensi:
https:kompaspedia.kompas.id/baca/profil/lembaga/tentara-nasional-indonesia-2.

LEAVE A REPLY