Home PRESS RELEASE KELAS CINTA ALAM “Pengenalan Cinta Alam & Kode Etik”

KELAS CINTA ALAM “Pengenalan Cinta Alam & Kode Etik”

116
1
SHARE

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu, Shalom, Om Swastiastu, Namo Buddhayana, dan Salam Sejahtera.

“Salam Mahasiswa”

“Salam Pergerakan”

“Salam Family Forever”

Kelas cinta alam merupakan sebuah kegiatan yang dicanangkan oleh  (unit kegiatan harian) HMAN-PNUP. Adapun materi yang dibawakan pada pelaksanaan kegiatan ini yaitu  yang dibawakan oleh kakanda Andi Yogi Akbar Buana sebagai pemantik dan Saudara Mujahidin yang bertugas untuk mengawasi jalannya kegiatan atau dengan kata lain sebagai moderator.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para peserta yang hadir agar mampu mengetahui suatu pemahaman mengenai hidup dengan penuh tanggung jawab terhadap alam di sekitar mereka.

Nah sebelum melangkah lebih jauh, kita perlu memahami apa yang dimaksud dengan cinta alam.

Cinta adalah sebuah perasaan yang ingin membagi bersama atau perasaan efeksi terhadap seseorang. Pendapat lainnya cinta alam adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang di lakukan manusia terhadap objek lain berupa pengorbanan diri empati perhatian memberikan kasih sayang membantu menuruti perkataan mengikuti patuh dan mau melakukan apupun yang diinginkan objek tersebut.

Alam ialah seluruh zat dan energi, khususnya dalam bentuk esensinya. Alam ialah mata pelajaran studi ilmiah. Dalam skala, “alam” termasuk segala sesuatu dari semesta pada subatom. Ini termasuk seluruh hal binatang, tanaman, dan mineral; seluruh sumber daya alam dan peristiwa (longsor, tornado, gempa bumi). Juga termasuk perilaku binatang hidup, dan proses yang dihubungkan dengan benda mati.

Berikut ini adalah beberapa hasil pengolahan dua kata diatas berikut maknanya:

  1. Pecinta Alam, pecinta alam adalah orang yang melakukan sesuatu yang aktif terhadap alam, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan alam.
  1. Percintaan di alam, merupakan suatu cinta antara satu makhluk dengan makhluk lainnya yang terjadi di alam. Hal ini bisa berupa tindakan aktif maupun pasif yang menyebabkan 2 atau lebih individu mengalami perasaan cinta yang lokasi terjadinya di dalam alam. Secara simple bisa dikatakan telah terjadi cinta lokasi karena seringnya bertemu dan intensitas pertemuan yang sering meningkat. Sehingga menimbulkan perasaan tersendiri terhadap pelakunya.
  2. Mencintai Alam, suatu ungkapan yang di tujukan kepada para individu yang secara langsung untuk menjaga alam. Mencintai alam bisa di lakukan secara  aktif dan pasif karena menempatkan alam sebagai objek untuk dicintai dan dilindungi sehingga menghasilkan kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk menjaga kelestariannya dan mencegah eksplorasi berlebihan.

Dari pengertian diatas sangat jelas bahwa pecinta alam bukan hanya pendaki,caver dan yang lainnya. Pecinta alam adalah seseorang/kelompok yang secara aktif melindungi alam beserta isinya. Melestarikan mereka dengan segala daya upaya dan seminimal mungkin untuk merusaknya. Karena kecintaan mereka terhadap alam telah memupuk pribadi yang reaktif terhadap segala sesuatu yang mengancam  kelestarian alam. Mereka biasanya tidak pernah menyebut diri mereka sebagai pecinta alam karena selalu menganggap yang mereka lakukan merupakan sesuatu yang tidak patut untuk di banggakan tapi harus selalu ditingkatkan.

Berbicara tentang lingkungan si sekitar yang terjadi di bumi memang tidak ada habis habisnyaa, karena memang bumi kita sedang mengalami masalah yang dalam jangka panjangnya akan mengancam anak cucu kita nanti . Sebenarnya siapa yang harus disalahkan ? .Memang kita harus mengembalikan kepada individu masing masing , yaitu dengan memikirkan suatu cara bagaimana menanamkan rasa cinta kepada alam dan lingkungan dimulai dari kecil dan dari hal yang kecil serta melaksanakan cara tersebut supaya dapat berjalan lancar dan dapat mengembalikan bumi kita seperti dahulu yang tidak banyak polusi dan tentunya juga tidak menghasilkan polusi .

Eksploitasi hutan yang terus menerus berlangsung sejak dahulu hingga kini tanpa diimbangi dengan penanaman kembali, menyebabkan kawasan hutan menjadi rusak. Pembalakan liar yang dilakukan manusia merupakan salah satu penyebab utama terjadinya kerusakan hutan. Padahal  hutan merupakan penopang kelestarian kehidupan di bumi, sebab hutan bukan hanya menyediakan bahan pangan maupun bahan produksi, melainkan juga penghasil oksigen, penahan lapisan tanah, dan menyimpan cadangan air.

Itulah sedikit materi mengenai kelas cinta alam. Jika berbicara mengenai materi ini tentu tulisan yang saya buat ini tidak cukup untuk merangkum seluruh bagian-bagian pada materi ini karena materi tersebut merupakan materi yang paling dasar mengenai pemahaman-pemahaman pelestarian lingkungan dalam kehidupan manusia.

Adapun dari kegiatan kelas cinta alam  dengan kesimpulan bahwa pada Kehidupan di bumi merupakan sistem ketergantungan antara manusia, hewan, tumbuhan, dan alam sekitarnya. Terputusnya salah satu mata rantai dari sistem tersebut akan mengakibatkan gangguan dalam kehidupan.
Oleh karena itu, kelestarian flora dan fauna merupakan hal yang mutlak diperhatikan demi kelangsungan hidup manusia.

“SALAM FAMILY FOREVER”.

Resume by Hamzah

Design by Chandra

📲 Instagram : @hmanpnup
📬 Twitter : @hmanpnup
🎥 Youtube : HMANPNUP
🌐 Website : www.hmanpnup.or.id
___
UKH CINTA ALAM
HMAN PNUP 2021 – 2022

#HMANPNUP
#HMAN
#PNUP
#FAMILYFOREVER

1 COMMENT

LEAVE A REPLY