Home Hari Besar HARI IBU

HARI IBU

60
0
SHARE

[ HARI IBU ]

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam Family Forever 💚

Peringatan Hari Ibu (PHI) yang jatuh pada tanggal 22 Desember setiap tahunnya, yang bertujuan untuk menghormati, menghargai, serta menunjukkan rasa terima kasih atas jasa yang diberikan ibu pada keluarga maupun masyarakat secara umum.

Peringatan Hari Ibu merupakan upaya untuk mengenang dan menghargai perjuangan perempuan Indonesia dalam merebut dan mengisi kemerdekaan.

Hari Ibu ditetapkan berdasarkan Kongres Perempuan Indonesia pertama yang dilaksanakan pada 22 – 25 Desember 1928 dengan tujuan menyatukan perkumpulan perempuan-perempuan Indonesia dalam satu wadah.

Kongres I yang bertempat di Yogyakarta tersebut menjadi tonggak sejarah kebangkitan pergerakan Perempuan Indonesia yang dapat berdiri bersama dengan kaum laki-laki dan juga kaum muda untuk memperjuangkan kemerdekaan.

Sehingga pada Kongres Perempuan Indonesia III di Bandung tahun 1938, tanggal 22 Desember ditetapkan sebagai Hari Ibu melalui keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 316 Tahun 1959.

Di peringatan Hari Ibu Ke-93 Tahun 2021, Pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia ( Kemen PPPA) mengusung tema utama: Perempuan Berdaya, Indonesia Maju. Dengan pemerintah mendorong agar Perempuan bicara, di mana perempuan didorong untuk berani menyampaikan pendapat.

Peringatan Hari Ibu tentunya dimaksud untuk senantiasa mengingatkan seluruh rakyat Indonesia, akan makna Hari Ibu sebagai kebangkitan dan persatuan Perjuangan kaum perempuan.

Semangat perjuangan kaum perempuan Indonesia tersebut tercemin dalam Lambang Hari Ibu berupa setangkai bunga melati dengan kuntumnya, yang menggambarkan:

1. Kasih sayang kodrati antara Ibu dan Anak
2. 2. Kekuatan, kesucian antara Ibu dan pengorbanan Anak
3. 3. Kesadaran perempuan untuk menggalang kesatuan dan persatuan, keikhlasan bakti dalam pembangunan bangsa dan negara.
Anda dapat memperingati Hari Ibu dengan memberikan ucapan terima kasih kepada ibu, baik secara langsung maupun melalui pesan singkat.

” Kepada seorang ibu yang bijaksana, penuh kasih, dan baik hati, saya sangat berterima kasih atas ikatan yang mengikat hati kita bersama dalam cinta yang lembut. Selamat Hari Ibu, Anda adalah hadiah dari atas! ”

✨ Selamat Memperingati Hari Ibu Ke-93 ✨

Design : Chandra
Caption : A. Azizah Utari

#HariIbu
#HMANPNUP
#HMAN
#PNUP
#FAMILY FOREVER

Referensi :
https://www.google.com/amp/s/amp.suara.com/news/2021/12/01/130224/sejarah-hari-ibu-22-desember-di-indonesia

LEAVE A REPLY