Home Hari Besar Selamat Hari Hak Asasi Manusia

Selamat Hari Hak Asasi Manusia

97
0
SHARE

[ HARI HAK ASASI MANUSIA ]

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam Family Forever 💚

Hari hak asasi manusia akan diperingati setiap tanggal 10 Desember. Peringatan ini dimotivasi oleh perjuangan menegakkan hak asasi manusia untuk setiap orang yang sudah sejak lama berlangsung di dunia. Tanggal 10 Desember dipilih lantaran bertepatan dengan hari Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa mengadopsi Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia (UDHR) pada tahun 1948.

UDHR adalah dokumen tonggak sejarah yang menyatakan hak-hak yang tidak dapat dicabut yang dimiliki setiap orang sebagai manusia, terlepas dari ras, warna kulit, agama, jenis kelamin, bahasa, aliran politik atau pendapat lain, asal kebangsaan atau tingkat sosial, properti, kelahiran atau status lainnya.

Dokumen telah sersedia dalam lebih dari 500 bahasa dan menjadi dokumen yang paling banyak diterjemahkan di dunia.

Sejarah Hari HAM Sedunia 10 Desember 2021 berawal dari Perang Dunia ke II yang berlangsung antara tahun 1939 hingga 1945.

Banyaknya kekejaman yang terjadi membuat Majelis Umum PBB menyepakati Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia (DUHAM) agar kejadian serupa tak terulang kembali. Inilah sejarah yang melatarbelakangi Hari HAM Sedunia yang jatuh setiap tanggal 10 Desember.

HAM memiliki kekuatan untuk mengatasi sejumlah konflik dan krisis dunia. Maka dari itu, penting untuk memperingati Hari HAM Sedunia.

Tahun ini, peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) mengambil tema “EQUALITY – Reducing inequalities, advancing human rights (Kesetaraan – Mengurangi Ketidaksetaraan, Memajukan Hak Asasi Manusia)

✨Selamat Memperingati Hari Hak Asasi Manusia ✨

Design : Muh. Naimnuari Al Riyadh Ns.
Caption : A. Azizah Utari

#HariHakAsasiManusia
#HMANPNUP
#HMAN
#PNUP
#FAMILY FOREVER

Referensi :
https://ham.go.id/2020/12/08/kita-cari-tahu-sejarah-hari-ham-yuk/

LEAVE A REPLY