Home Hari Besar HARI PAHLAWAN

HARI PAHLAWAN

183
1
SHARE

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam Family Forever πŸ’š

Peringatan Hari Pahlawan jatuh pada tanggal 10 November setiap tahunnya. Hari Pahlawan Nasional diperingati untuk mengenang jasa dan perjuangan para pahlawan yang telah gugur saat masa penjajahan.

Sejarah tentang 10 November ini berasal dari terjadinya pertempuran besar di Surabaya antara pihak tentara Indonesia dan pasukan Inggris yang memang terjadi pada tanggal 10 November 1945.
Pertempuran besar ini adalah perang pertama tentara Indonesia dengan penjajah asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilakukan.

Memuncaknya bentrok setelah terbunuhnya Brigadir Jenderal Mallaby (Pimpinan Tentara Inggris di Jawa Timur) pada 30 Oktober 1945. Pihak Inggris mengeluarkan instruksi yang isinya bahwa semua pimpinan bangsa Indonesia dan para pemuda di Surabaya harus datang pada pukul 06.00 pagi WIB pada tempat yang telah ditentukan. Namun ancaman itu tidak ditaati oleh rakyat Surabaya, sehingga terjadilah pertempuran Surabaya yang sangat dahsyat pada tanggal 10 November 1945.

Terdapat kutipan salah satu pesan pahlawan nasional yaitu Gubernur Suryo. “Berulang-ulang telah kita katakan, bahwa sikap kita ialah lebih baik hancur daripada dijajah kembali”

Pahlawan yang setia itu berkorban, bukan buat dikenal namanya, tetapi semata-mata membela cita-citanya” – Bung Hatta

✨ Selamat Hari Pahlawan! ✨

Design : Andi Zasi Kirana
Caption : Argenastha Meigrita

#HariPahlawan
#HMANPNUP
#HMAN
#PNUP
#FAMILYFOREVER

Referensi :
https://www.google.com/amp/s/galamedia.pikiran-rakyat.com/news/amp/pr-352976690/sejarah-singkat-hari-pahlawan-10-november-pertempuran-terberat-rakyat-indonesia-melawan-penjajah


Warning: A non-numeric value encountered in /home/u5829455/public_html/hmanpnup.or.id/wp-content/themes/berita2/includes/wp_booster/td_block.php on line 353

LEAVE A REPLY