Home Jurusan Administrasi Niaga

Jurusan Administrasi Niaga

PROGRAM STUDI D-4  ADMINISTRASI BISNIS

Visi Program Studi D-4 Administrasi Bisnis :

Menjadi pusat pendidikan yang mandiri dalam bidang administrasi bisnis terapan yang menghasilkan luaran yang unggul dan berakhlak mulia.

Arti visi program studi D-4 Administrasi Bisnis

a.   Pusat pendidikan yang mandiri

Pemakaian kata pusat pendidikan yang mandiribermakna bahwa Program Studi D-4 Administrasi Bisnismemiliki otonomi untuk mengelola sendiri lembaganyasebagai pusat penyelenggaraan tridharma program studi. Penyelenggaraan program studi ini  merupakan tanggung jawab dan wewenang  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah memberikan mandat dalam pengelolaan program studi Administrasi Bisnis. Mandat tersebut berupa: otonomiprogram studi, pola pengelolaan program studi,  dan akuntabilitas publik. Namun,  disadari bahwa mandat pengelolaan tersebut  belum dilaksanakan secara utuh.Program Studi D-4 Administrasi Bisnis masih memerlukan peningkatan kemampuan/kapasitas terhadap semua komponen pada program studi tersebut. Selain terserap di dunia industri dan dunia usaha, luarannya juga dapa membuka lapangan kerja sendiri (wirausaha).

b.   Luaran yang unggul

Penggunaan kata “menghasilkan luaran yang unggul”bermakna bahwa Program Studi D-4 Administrasi Bisnis berkeinginan kuat  untuk menjadi  program studi vokasi terbaik sehingga dapat memberikan konstribusi langsung terhadap berbagai permasalahan yang terjadi di dunia usaha dan industri, mewujudkan daya saing, menghasilkansumber daya manusia  yang unggul pada berbagai bidang yang berkaitan dengan dunia industri dan dunia usaha, sertamampu membangun dan menjalankan semangat kewirausahaan.

c.   Berakhlak mulia

Pemakaian kata “berakhlak muliabermakna  bahwaprogram studi  berkomitmen menghasilkan luaran yang bukan hanya unggul dalam bidang disiplin ilmu tertentu,melainkan harus memiliki sifatsifat yang terpuji, memiliki watak dan peradaban yang bermartabat. Bahwa Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia  tahun 1945 mengamanatkan pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang diatur dengan undang-undang. Atas dasar itulah, maka visi program studi mencantumkan “berakhlak mulia” sebagai suatu modal berharga yang harus dimiliki dalam setiap perbuatan mahasiswa Program Studi D-4 Administrasi Bisnis.

Selain itu, pencantuman kata “berakhlak mulia” jugamengandung makna luas terkait komitmen Program Studi D-4 Administrasi Bisnis untuk menciptakan pendidikan karakter yang berkesinambungan pada mahasiswa.

Visi program studi didesain berdasarkan rencana strategis sebelumnya, baik yang bersifat jangka pendek (5 tahun) maupun jangka panjang (25 tahun). Visi tersebut diharapkan dapat menyesuaikan diri dengan dinamika perkembangan global yang bergerak sangat cepat, seiring dengan evolusi kebutuhan bangsa.

Misi Program Studi D-4 Administrasi Bisnis :

1.   Meningkatkan dan mengembangkan tridharma perguruan tinggi secara dinamis dan inovatif dalam bidang administrasi bisnis.

2.    Memberdayakan dan mengembangkan  potensi sumber daya Program Studi D-4 Administrasi Bisnis secara optimal.

3.      Mewujudkan civitas akademika dan tenaga kependidikan yang berakhlak mulia di lingkungan Program Studi D-4 AdministrasiBisnis.

4.  Menumbuhkembangkan budaya kewirausahaan di kalangan sivitas akademika dan staf Program Studi D-4Administrasi Bisnis.

TUJUAN Program Studi D-4 Administrasi Bisnis :

1.  Meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia (SDM) dalam bidang Administrasi Bisnis Terapan.

2. Meningkatkan kuantitas, pemanfaatan, dan pemeliharaan sarana/prasarana Program Studi D-4 Administrasi Bisnis.

3.   Meningkatkan efisiensi dan efektivitas manajemen Program Studi D-4Administrasi Bisnis.

4. Meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran dalam bidangAdministrasi Bisnis Terapan sesuai kebutuhan pasar tingkat lokal, nasional, dan internacional.

5.   Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam bidang Administrasi Bisnis Terapan yang inovatif dan berkualitas.

6. Menghasilkan luaran Program Studi D-4 Administrasi Bisnis yang berakhlak mulia.

7.  Mewujudkan civitas akademika dan karyawan Program Studi D-4Administrasi Bisnis yang berakhlak mulia.

8.      Meningkatkan semangat dan kemampuan kewirausahaan di lingkungan Program StudiD-4 Administrasi Bisnis.

PROGRAM STUDI D-3 ADMINISTRASI BISNIS

Visi Program Studi D-3 Administrasi Bisnis :

Visi Jurusan Adiministrasi Niaga PNUP adalah menjadi pusat pendidikan dan pelatihan profesional serta menghasilkan alumni yang unggul dan berakhlak mulia.

  1. Profesional berarti bersifat profesi, memiliki keahlian dan keterampilan karena pendidikan dan latihan, beroleh bayaran karena keahliannya itu. Ciri-ciri alumni yang profesional:

– Memiliki ketrampilan yang tinggi dalam suatu bidang serta kemahiran dalam menggunakan peralatan tertentu yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas yang bersangkutan dengan bidangnya

– Memiliki dan pengalaman serta kecerdasan dalam menganalisis suatu masalah dan peka di dalam membaca situasi cepat dan tepat serta cermat dalam mengambil keputusan terbaik atas dasar kepekaan

– Memiliki sikap berorientasi ke depan sehingga punya kemampuan mengantisipasi perkembangan lingkungan yang terbentang di hadapannya

– Memiliki sikap mandiri berdasarkan keyakinan akan kemampuan pribadi serta terbuka menyimak dan menghargai pendapat orang lain, namun cermat dalam memilih yang terbaik bagi diri dan perkembangan pribadinya

  1. Menghasilkan Luaran yang Unggul”, memiliki makna bahwa Program StudiAdministrasi Bisnis PNUP memiliki keinginan kuat untuk menjadi perguruan tinggi vokasi terbaik (center of excellence for applied higher education) sehingga dapat memberikan konstribusi langsung terhadap berbagai permasalahan-permasalahan bangsa, menyelenggarakan tridharma PT guna mewujudkan daya saing bangsa, menghasilkan SDM yang unggul pada berbagai bidangAdministrasi,industri perbankan dan keuangan, industri manufaktur, industri makanan dan minuman,dan bidang pemerintahan serta mampu membangun dan menjalankan semangat kewirausahaan.
  1. Berakhlak mulia” mengandung makna,  bahwa PNUP berkomitmen menghasilkan luaran yang bukan hanya unggul dalam bidang disiplin ilmu tertentu, namun luarannya harus memiliki sifat sifat yang terpuji, memiliki watak dan peradaban yang bermartabat. Bahwa Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia  tahun 1945 mengamanatkan pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta akhlak muliadalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang diatur dengan undang-undang. Atas dasar itulah maka visi PNUP mencantumkan “berakhlak mulia” sebagai suatu modal berharga yang harus dimiliki dalam setiap perbuatan mahasiswa PNUP.

Selain itu, pencantuman kata “berakhlak mulia” juga mengandung makna luas terkait komitmen program studi D3 Administrasi Bisnis PNUP untuk menciptakan pendidikan karakter yang berkesinambungan pada mahasiswa.

Karakter adalah nilai-nilai khas yang baik (tahu nilai kebaikan, mau berbuat baik, nyata berkehidupan baik, dan berdampak baik terhadap lingkungan) dan terpatri dalam diri dan terejawantahkan dalam perilaku. Karakter secara koheren memancar dari hasil olah pikir, olah hati, olah raga, serta olah rasa dan karsa seseorang atau sekelompok orang. Karakter merupakan ciri khas sesorang atau sekelompok orang yang mengandung nilai, kemampuan, kapasitas moral, dan ketegaran dalam menghadapi kesulitan dan tantangan.

Misi Program Studi D-3 Administrasi Bisnis :

1.       Meningkatkan dan mengembangkan tridharma perguruan tinggi secara dinamis dan inovatif dalam bidang administrasi bisnis.

2.       Memberdayakan dan mengembangkan  potensi sumber daya Program Studi Administrasi Bisnis secara optimal.

3.       Mewujudkan civitas academika dan karyawan yang berakhlak mulia di lingkungan Program Studi Administrasi Bisnis.

4.       Menumbuhkembangkan budaya kewirausahaan di kalangan civitas academika dan karyawan Program Studi Administrasi Bisnis.

TUJUAN Program Studi D-3 Administrasi Bisnis :

1.   Meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran sesuai kebutuhan pasar tingkat lokal, nasional, dan internasional

2.      Meningkatkan kuantitas kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang inofatif dan berkualitas

3.       Meningkatkan akuntabilitas dan pencitraan publik

4.       Meningkatkan kualitas SDM

5.       Meningkatkan kuantitas dan pemeliharaan sarana/prasarana

6.       Meningkatkan pemanfaatan sarana/prasarana secara optimal

7.       Meningkatkan tata kelola, akuntabilitas dan citra publik

8.       Meningkatkan akhlak mulia bagi dosen dan karyawan

9.       Meningkatkan luaran yang berakhlak mulia

10.    Meningkatkan kecakapan hidup luaran

11.    Menanamkan jiwa dan kemampuan kewirausahaan mahasiswa

12.    Mengembangkan unit usaha

13.    Meningkatkan sumber pendanaan