Home PRESS RELEASE KATALOG “Etika dan Ilmu dalam Memahami Hakikat Ilmu Pengetahuan dalam Konteks Ke-Indonesia-an”

KATALOG “Etika dan Ilmu dalam Memahami Hakikat Ilmu Pengetahuan dalam Konteks Ke-Indonesia-an”

302
2
SHARE

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu, Shalom, Om Swastiastu, Namo Buddhayana, dan Salam Sejahtera.

“Salam Mahasiswa”

“Salam Pergerakan”

“Salam Family Forever”

Etika merupakan sesuatu hal yang paling fundamental dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Etika akan memiliki dampak terhadap perilaku setiap individu sebagai makhluk sosial, dimana setiap individu tentunya memerlukan bantuan orang lain. Nah pada saat itu pula, etika mengatur bagaimana mereka bisa saling menghargai dan menghormati satu sama lain.

 

Sama halnya dengan etika, ilmu pengetahuan tentunya merupakan hal yang tak kalah penting sebagai bekal setiap individu dalam meningkatkan taraf dan derajat kehidupannya agar bisa lebih baik. Setiap langkah yang dilakukan, tentu didalamnya tersirat pengetahuan yang akan diperoleh, entah itu pengetahuan yang ranahnya positif maupun negatif.

 

Nah berbicara mengenai ilmu pengetahuan yang ranahnya positif ataupun negatif, dari sinilah peran etika memandang bagaimana seharusnya setiap individu tak melupakan etika dalam menimba ilmu pengetahuan.

 

Sebenarnya, ilmu pengetahuan merupakan dua suku kata yang memiliki makna berbeda. Ilmu merupakan sebuah kumpulan pengetahuan yang telah tersusun secara sistematis dan telah diuji dan dikaji kebenarannya secara ilmiah. Sedangkan pengetahuan merupakan sebuah informasi yang diperoleh tiap individu yang belum teruji dan dikaji kebenarannya secara ilmiah, sehingga pengetahuan ini tergantung dari siapa yang memperoleh pengetahuan tersebut serta memercayainya.

 

Sebagai masyarakat Indonesia yang dimana masyarakat di negeri kita ini merupakan negeri kepulauan yang berpenduduk majemuk dan memiliki ciri khas masing-masing serta kebudayaan yang beraneka ragam namun tak lepas dari budaya khas Bangsa Indonesia yang dikenal sebagai penduduk yang memiliki sikap dan perilaku yang baik yang sudah ditanamkan sejak dini. Hanya saja bentuk pengaplikasiannya saja yang berbeda-beda di tiap daerah namun memiliki tujuan dan makna yang sama.

 

Pada umumnya, masyarakat Indonesia memandang bahwa sebuah ilmu tak akan berguna jika seseorang tersebut tak memiliki etika, hal ini telah menjadi nasihat yang kerap diberikan orang tua terhadap anak cucunya. Hal itu terbukti adanya, karena percuma jika memiliki jenjang Pendidikan yang tinggi namun tak mampu menghargai orang lain, sedangkan kita sebagai manusia merupakan makhluk sosial yang pastinya selalu membutuhkan orang lain untuk menjalani kehidupan.

 

Maka dari itu etika sangat penting dalam memahami keberadaan ilmu pengetahuan sebagai pedoman dalam menjalankan kehidupan sosial.

Resume by Ummy Marleni

Design by Naila Fasya Putri Shalihah

📲 Instagram : @hmanpnup
📬 Twitter : @hmanpnup
🎥 Youtube : HMANPNUP
🌐 Website : www.hmanpnup.or.id
_____________
DEPARTEMEN PENGADERAN
HMAN PNUP 2021 – 2022

#HMANPNUP
#HMAN
#PNUP
#FAMILYFOREVER


Warning: A non-numeric value encountered in /home/u5829455/public_html/hmanpnup.or.id/wp-content/themes/berita2/includes/wp_booster/td_block.php on line 353

2 COMMENTS

  1. Avoid losing the job being offered by submitting a general resume! What a general resume does, is tell them how you look no better than anyone else – not how you stand above your competitors for the same job.

LEAVE A REPLY