Home PRESS RELEASE Selamat Hari Guru Nasional

Selamat Hari Guru Nasional

27
0
SHARE

[25 November 2019]

Tanggal 25 November 2019 sebagai Hari Guru Nasional ditetapkan melalui Keputusan Presiden no. 78 tahun 1994. Penetapan tanggal ini diputuskan tanpa menjadikan Hari Guru Nasional sebagai hari libur. Pada peringatan Hari Guru Nasional ini, biasanya sekolah-sekolah mengadakan upacara untuk memperingatinya. Hari guru Nasional diteteapkan oleh Pemerintah Reepublik Indonessia sebagai terbentuknya Persatun Giru Republik Indonesia (PGRI).

Ki Hadjar Dewantara adalah sebagai Bapak Pendidikan. Pemilik nama asli Raden Mas Suwardi Suryaningrat ini memang lebih dikenal sebagai Bapak Pendidikan Indonesia. Beliau tidak lain tidak bukan merupakan pendiri Perguruan Taman Siswa. Bukan sekedar Bapak Pendidikan, ia juga merangkap sebagai seorang Pahlawan Nasional.

Ki Hadjar Dewantara merupakan turunan asli dari Keraton Yogyakarta. Pada umur 40 tahun, beliau merubah nama menjadi Ki Hadjar Dewantara. Beliau tidak memakai gelar nama kebangsaannya lagi dikarenakan beliau ingin lebih dekat dengan masyarakat secara fisik juga hatinya.

 

LEAVE A REPLY