Home Hari Besar Selamat Hari Laut Sedunia

Selamat Hari Laut Sedunia

785
134
SHARE

Seperti yang kita ketahui, Indonesia merupakan negara maritim karena perairannya yang sangat luas dan menyimpan berbagai kekayaan alam. Laut sebagai jalur perdagangan lintas negara telah menjadi sumber penghidupan bagi bangsa dari zaman ke zaman. Menurut sejarah, bangsa ini juga dikenal memiliki nenek moyang pelaut yang ulung dalam mengarungi luas samudera. Maka dari itu, generasi penerus tentunya harus melestarikan nilai tersebut dengan menjaga wilayah laut Indonesia dengan penuh semangat dan kesadaran.
Setiap tahunnya, tanggal 8 Juni diperingati sebagai Hari Laut Sedunia (World Oceans Day). Perayaan ini selalu diperingati oleh berbagai negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Seperti namanya, perayaan Hari Laut Sedunia didedikasikan kepada laut dan segala kehidupan di dalamnya yang sedari dulu telah menyumbangkan banyak hal di sepanjang kehidupan. Hari Laut Sedunia tidak hanya memberi kesadaran pentingnya laut, namun juga ikut menjaga kelestarian laut. Beberapa hal yang juga perlu kita ketahui bersama adalah, bagaimana Hari Laut Sedunia menjadi salah satu momen yang perlu diperingati setiap tahunnya dan apa tujuannya. Untuk itu, simaklah sejarah Hari Laut Sedunia berikut ini:
Sejarah Hari Laut Sedunia
Jauh sebelum adanya hari peringatan Hari Laut Sedunia, polusi global serta konsumsi ikan yang berlebihan oleh manusia telah membuat populasi ikan berkurang drastis. Selain itu ada banyak sekali pembajakan liar, tentu sangat merugikan negara yang memiliki wilayah laut tersebut. Tak hanya itu, ulah-ulah tangan manusia yang tidak bertanggung jawab menjadi salah satu penyebab biota laut dan terumbu karang menjadi punah serta rusak. Hal ini tentu saja harus menjadi perhatian dunia mengingat laut menjadi sumber kekayaan alam yang sangat melimpah dan tak ternilai harganya.
Dengan berbagai alasan tersebut Kanada mengajukan konsep tentang Hari Laut Sedunia. Sebelum PBB menetapkan 8 Juni sebagai Hari Laut Sedunia, tentu proses pengajuan dan promosi yang dilakukan cukuplah panjang. Pada tahun 2002 The Ocean Project mulai melakukan promosi serta koordinasi secara global terkait Hari Laut Sedunia. Setahun berlalu tepatnya pada tahun 2003 situs web “WordOceanDay.org” diluncurkan. Peluncuran ini bertujuan untuk mendukung berbagai kegiatan di seluruh dunia, yang mana pada saat itu sebanyak 25 acara telah dilakukan di 15 negara.
Merujuk pada situs resmi unworldoceansday.org, World Oceans Day pertama kali dideklarasikan pada tanggal 8 Juni 1992 di Rio de Janeiro. Deklarasi dilakukan dalam acara Global Forum, acara paralel di Konferensi PBB tentang Lingkungan dan Pembangunan (UNCED). Acara tersebut memberi kesempatan bagi organisasi non-pemerintah (LSM) dan masyarakat sipil untuk mengungkapkan pandangan mereka terhadap isu lingkungan.
Deklarasi ini terinspirasi oleh sebuah acara yang juga diselenggarakan pada hari yang sama oleh Oceans Institute of Canada yang bekerja sama dengan pemerintah Kanada. Hari Laut Sedunia diperingati setiap 8 Juni, bertepatan sejak pengajuan pertama kalinya pada tahun 1992 yang dilakukan negara Kanada pada Earth Summit di Rio de Janeiro Brasil. Hari peringatan tersebut kemudian di sahkan oleh PBB pada akhir tahun 2008.
Dilansir dari beberapa sumber terpercaya, perayaan Hari Laut Sedunia ini merupakan sebuah perayaan yang didedikasikan untuk menghargai laut-laut yang ada di dunia. Dengan merayakan hari tersebut maka kita telah menghargai setiap hasil laut seperti binatang yang kita jadikan makanan, hewan peliharaan, obat-obatan dan lain sebagainya. Hingga saat ini, setiap tanggal 8 Juni hampir seluruh negara di dunia memperingati Hari Laut Sedunia “World Oceans Day”. Ini bertujuan untuk mengingatkan semua masyarakat dunia bahwa laut perlu kita jaga karena merupakan salah satu kekayaan alam yang tidak ternilai harganya. Peringatan itu juga menjadi salah satu cara untuk meluangkan waktu agar bisa menghargai nilai intrinsik dimana laut menyediakan jalur pelayaran untuk perdagangan internasional.
Terkhusus di Indonesia, tentu kita mengetahui bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang dikelilingi oleh lautan. Dimana luas wilayah laut Indonesia sekitar 96.075,15 km2 . Dengan luas laut itulah dimana Indonesia mendapatkan penghargaan sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. Namun, Indonesia tentu bukan satu-satunya negara yang memiliki wilayah laut yang begitu luas, ada beberapa negara di dunia lainnya yang memiliki wilayah laut yang luas juga walaupun memang tidak seluas Indonesia.
Dengan wilayah laut yang luas inilah, tidak sedikit masyarakat menggantungkan hidupnya dari hasil laut. Banyak diantaranya masyarakat yang menjadikan laut sebagai sumber mata pencaharian. Terlepas dari itu semua, laut juga merupakan paru-paru bumi yang menyediakan sebagian besar oksigen yang kita hirup. Selain itu, laut juga menjadi sumber utama makanan serta obat-obatan, dan merupakan bagian penting dari biosfer. Mengingat begitu pentingnya peran laut, maka dunia selalu memperingati Hari Laut Sedunia setiap tanggal 8 Juni.
Nah, setelah kita mengetahui sejarah dari peringatan Hari Laut Sedunia, semestinya hal ini sudah memberikan sedikit gambaran mengenai peranan laut dan kehidupan didalamnya bagi kelangsungan hidup manusia. Untuk itu, sebagai generasi yang baik hendaknya kita mencintai, menjaga, dan melestarikannya agar tetap indah dan terawat hingga seterusnya.
Setiap tahunnya berbagai negara mengusung tema yang berbeda-beda dalam memperingati Hari Laut Sedunia. Misalnya saja pada tahun 2020, Indonesia mengusung tema “Gender and Oceans”. Namun terkhusus pada tahun ini, tema Hari Laut Sedunia adalah “Inovasi untuk Laut yang Berkelanjutan”. Melalui tema ini, orang-orang diajak untuk membahas cara-cara inovatif untuk menyelamatkan lautan untuk masa kini dan generasi mendatang. Inovasi itu bisa berupa teknologi, sistem infrastruktur, manajemen sumber daya, produk konsumen, keuangan, dan eksplorasi secara sains.
Tujuan Memperingati Hari Laut Sedunia
Berikut beberapa memperingati Hari Laut Sedunia yang selalu diadakan dan dipublikasikan setiap tahunnya:
1. Untuk mengingatkan kita tentang dampak tindakan manusia terhadap lautan.
2. Sebagai pendorong gerakan masyarakat dunia agar lebih peduli kepada lautan.
3. Memobilisasi serta menyatukan populasi dunia dalam sebuah proyek untuk pengelolaan lautan dunia secara berkelanjutan.
Itulah sedikit informasi singkat tentang Hari Laut Sedunia yang mungkin belum banyak orang ketahui. Semoga dengan informasi ini dapat menambah wawasan kita mengenai laut dan juga bisa menjadi referensi untuk kita selalu menjaga kebersihan lingkungan laut dan segala isinya. Semoga bermanfaat, sukses selalu!

Sumber/Referensi:
https://djawanews.com/kudapan/hari-laut-sedunia-dedikasi-untuk-laut-dan-kehidupannya-3601

HARI LAUT SEDUNIA


https://kanimwonosobo.kemenkumham.go.id/2020/06/08/selamat-hari-laut-sedunia/

Penulis: Hasna
Design by Freepik


Warning: A non-numeric value encountered in /home/u5829455/public_html/hmanpnup.or.id/wp-content/themes/berita2/includes/wp_booster/td_block.php on line 353

LEAVE A REPLY