Home Hari Besar Selamat Hari Raya Waisak

Selamat Hari Raya Waisak

870
1
SHARE

Waisak merupakan hari suci yang selalu diperingati oleh seluruh umat beragama Budha. Tahun ini perayaan Waisak jatuh pada hari Rabu tanggal 26 Mei 2021. Hari waisak dimanfaatkan oleh umat Budha untuk menghormati dan merenungkan segala sifat luhur dari tiratana yaitu buddha, dharma, dan sangha. Kemudian memperkuat saddha atau keyakinan yang benar berdasarkan tekad, membina paramita atau sifat baik yang berasal dari para leluhur, mengulang kembali dan merenungkan khotbah dari sang Buddha.

Bagi umat Buddha perayaan ini dimaksudkan menjadi sebuah penyambutan, kedatangan hari, dan kelahiran jiwa yang baru. Setiap perayaan patut untuk diapresiasi dan dihargai sebagai bagian dari budaya dan tradisi sebuah bangsa. Turut merayakan dan merasakan makna perayaan itu sendiri, bisa memberi kita rasa kebersamaan dan toleransi terhadap saudara-saudara kita yang merayakannya.

Di Indonesia, penganut Budda tidak sebanyak penganut agama lainnya, namun begitu perayaan hari Waisak tetap digelar dengan meriah dan unik. Perayaan ini berpusat di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Adapun 3 kelompok kegiatan yang utama dilaksanakan saat perayaan Waisak antara lain :

  • Prosesi pengambilan air berkat dari mata air Jumprit di Kabupaten Temanggung, serta penyalaan obor yang dilakukan dengan menggunakan sumber api abadi di Mrapen, Kabupaten Grobogan.
  • Ritual “Pindapatta”, yaitu sebuah ritual yang diberikan secara khusus kepada masyarakat (umat) untuk berbuat kebajikan, di mana  mereka diberi kesempatan untuk memberikan dana makanan kepada para Bikkhu dan Bikshu.
  • “Samadhi” yang dilakukan pada detik-detik menjelang puncak bulan purnama. Dalam Buddha, penghitungan puncak purnama ini dilakukan berdasarkan perhitungan falak, sehingga bisa saja puncak purnama jatuh pada siang hari dan bukan malam hari.

#HMANPNUP
#HMAN
#PNUP
#Familyforever

Editor: Syahriana
Desainer: Marwan

Referensi:
https://www.cermati.com/artikel/tradisi-unik-hari-raya-waisak-di-berbagai-negara#:~:text=Indonesia,-Waisak%20di%20Indonesia&text=Peringatan%20Waisak%20dilakukan%20di%20berbagai,Borobudur%2C%20Magelang%2C%20Jawa%20tengah.


Warning: A non-numeric value encountered in /home/u5829455/public_html/hmanpnup.or.id/wp-content/themes/berita2/includes/wp_booster/td_block.php on line 353

1 COMMENT

LEAVE A REPLY