Home Hari Besar Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H

Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H

150
1
SHARE

[ Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H ]

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam Family Forever 💚

Sebagian umat Islam rutin merayakan Maulid Nabi Muhammd SAW. Tahun ini peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW jatuh pada 19 Oktober 2021. Namun, suasana perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini sedikit berbeda seperti biasanya, karena digelar dalam suasana wabah pandemi Covid-19.

Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW adalah hari kehormatan dan merupakan peristiwa besar bagi umat Muslim serta dapat pula diambil hikmahnya. Setiap Muslim memperingatinya sebagai bentuk cinta kepada Rasulullah . tetapi sebagian lainnya memperingati maulid nabi sebagai bentuk syukur kepada Allah atas kelahiran nabi agung, yaitu manusia sempurna yang layak diteladani.

Dalam rangka hal ini, sebagai muslim dapat menunjukkan rasa cinta kepada Rasullah atau rasa syukur kepada Allah. Peringatan maulid nabi sebaiknya diisi dengan ibadah yang dapat mendekatkan diri kepada Allah sebagaimana isyarat Rasulullah saw terhadap sahabatnya perihal puasa hari Senin. Bahkan, perlu mengambil pelajaran maupun hikmah dari
memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW ini.

Masyarakat Indonesia memperingati Maulid Nabi dengan cara yang khas. Sebagai bentuk syukur kepada Allah, mereka memperingati maulid nabi dengan mengimpun kebaikan yang dapat mereka lakukan seperti zikir, sedekah makanan, baca Al-Qur’an, biasanya ceramah agama dan bersholawat bersama untuk mengagungkan junjungan Nabi Muhammad SAW.

Selain dengan cara yang khas, ada banyak amalan sunah untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Hal ini dilakukan semata-mata sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT.

Memiliki banyak keutamaan, salah satunya hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah. Ketika sudah memasuki bulan Rabiul Awal, ada baiknya umat Islam mengetahui empat amalan yang bisa dilakukan saat Maulid Nabi.

1. Membaca sholawat nabi
Ini adalah salah satu sholawat paling mulia yang diagungkan oleh para sahabat nabi dan keturunannya. Bacaan sholawat Nabi yang utama dan diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

2. Perbanyak sedekah
Dengan memperbanyak sedekah, tidak akan membuat kita menjadi miskin. Sebaliknya, dengan banyak bersedekah kepada orang lain maka akan semakin banyak rezeki dan berkah yang akan kita dapatkan.

3. Puasa Sunnah
Kita bisa mengerjakan puasa di hari senin dan Kamis, serta puasa tengah bulan Yaumul Bidh pada tanggal 13-14-15 Hijriah. Karena dengan berpuasa pada tanggal tersebut, pahala kita akan dilipat gandakan oleh Allah SWT.

4. Perbanyak amal ibadah
Bagi setiap muslim, alangkah baiknya apabila melakukan amal yang baik terlebih di bulan maulid. Jangan sampai amalan kita tidak di ridhoi oleh Allah SWT, apalagi dengan melakukan perbuatan maksiat.

Adapun tema untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H, yaitu ” Teladani Akhlak dan Perjuangan Rasulullah SAW untuk Membangun Generasi Muda Cerdas dan Berakhlaq Mulia. ”

Semoga apa yang kita kerjakan dengan niat untuk beribadah senantiasa mendapatkan keridaan dan berkah dari Allah Swt. Amin.

✨Selamat Menyambut Bulan Kelahiran Nabi Muhammad SAW 2021 M / 1443 H ✨

 

Design : Andi Zasi Kirana
Caption : A. Azizah Utari

#HariKelahiranNabiMuhammadSAW
#HMANPNUP
#HMAN
#PNUP
#FAMILY FOREVER

Referensi :
https://www.99.co/blog/indonesia/amalan-sholawat-maulid-nabi/


Warning: A non-numeric value encountered in /home/u5829455/public_html/hmanpnup.or.id/wp-content/themes/berita2/includes/wp_booster/td_block.php on line 353

LEAVE A REPLY