Home PRESS RELEASE Selamat Hari Lahir Pancasila

Selamat Hari Lahir Pancasila

899
1
SHARE

Pancasila adalah pandangan hidup bagi bangsa Indonesia yang asas-asasnya wajib diamalkan agar tercipta kehidupan yang aman dan tentram serta selaras dengan perintah Tuhan Yang Maha Esa. Dibawah ini adalah sejarah singkat lahirnya “Pancasila” sebagai dasar negara: Kata “Pancasila” berasal dari bahasa sansekerta yang berarti lima batu karang atau lima prinsip moral. Dalam sejarah Indonesia kuno,  perkataan Pancasila terdapat dalam buku “Negarakertagama”, suatu buku yang mencatat tentang sejarah kerajaan Majapahit (1296-1478), yang ditulis oleh Mpu Prapanca yang merupakan penulis dan penyair istana.

Dalam rapat BPUPKI pada tanggal 1 Juni 1945, “The Founding Father” Ir. Soekarno menggunakan istilah “Pancasila” dalam gagasannya mengenai dasar negara. Itulah sebabnya 1 Juni 1945 kemudian ditetapkan sebagai hari lahirnya “Pancasila”.  Selain Ir. Soekarno, Soepomo dan Muh. Yamin juga menyampaikan pendapatnya mengenai dasar negara dalam rapat tersebut. Ketiga usulan toko tersebut kemudian ditampung dan dibahas dalam panitia yang lebih kecil yang dikenal dengan “Panitia Sembilan”.

Panitia yang beranggotakan sembilan orang ini berhasil merumuskan naskah Rancangan Pembukaan UUD yang dikenal sebagai Piagam Jakarta (Jakarta Charter).

Adapun rumusan Pancasila yang termaktub dalam Piagam Jakarta:

  • Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya
  • Kemanusiaan yang adil dan beradab
  • Persatuan Indonesia
  • Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksan dalam permusaywaratan/perwakilan
  • Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Rumusan diatas kemudian direvisi dalam sidang PPKI yang dilakukan sehari setelah Indonesia merdeka, kemudian terjadi perubahan pada sila pertama yang diusulkan oleh Mohammad Hatta.  Sila pertama yang semula berbunyi ”Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya”, kemudian diubah menjadi lebih ringkas, yaitu”Ketuhanan Yang Maha Esa”. Sehingga Pancasila menjadi:

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Sejak ditetapkannya Pancasila menjadi dasar/pondasi negara, maka kita sebagai rakyat Indonesia wajib menjadikan “Pancasila” sebagai pedoman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Sebagai dasar negara “Pancasila” menjadi hal yang fundamental dan sudah sepatutnya menjadi karakteristik bagi bangsa dan rakyat Indonesia.

Salah satu peran mahasiswa yaitu “Moral Force” yaitu Mahasiswa sebagai penjaga stabilitas lingkungan masyarakat, diwajibkan untuk menjaga moral-moral yang ada.

Dalam menjaga nilai moral tentunya kita harus berdasar pada “Pancasila” sebagai sumber moral dalam bermasyarakat, maka dari itu adalah suatu kewajiban bagi seorang mahasiswa untuk memahami dan mengamalkan nilai-nilai “Pancasila”.

Akhir kata Selamat Memperingati Hari Lahirnya Pancasila sebagai dasar negara dan dasar dalam berperilaku didalam kehidupan bermasyarakat

1 COMMENT

LEAVE A REPLY