HARI DHARMA SAMUDERA

[ HARI DHARMA SAMUDERA ]

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam Family Forever 💚

Hari Peristiwa Laut dan Samudra atau lebih dikenal sebagai Hari Dharma Samudera Indonesia diperingati setiap tanggal 15 Januari.

Hari tersebut diperingati untuk memperingati peristiwa heroik, mengenang pertempuran yang terjadi di Laut Arafuru (Aru) antara Angkatan Laut Indonesia dengan Angkatan laut Belanda untuk mempertahankan Irian Barat agar tidak jatuh ke tangan Belanda.

Hari bersejarah bagi TNI Angkatan Laut tersebut, merupakan bentuk penegasan daerah kedaulatan Indonesia untuk membebaskan Irian Barat.

Konflik dengan Belanda pasca kemerdekaan ini disebut sebagai Pertempuran Laut Arafuru/Aru, terjadi pada 15 Januari 1962.

Kejadian ini bermula ketika Belanda diklaim melanggar perjanjian KMB (Konferensi Meja Bundar).

Peristiwa ini ternyata menyebabkan munculnya korban dari pihak Indonesia. Di antaranya adalah mereka yang merupakan awak KRI Macan Tutul.

Pengorbanan ini yang nantinya menjadi cikal bakal lahirnya Hari Dharma Samudera.

Kapal KRI Macan Tutul, KRI Macan Kumbang, dan KRI Harimau, dikirim ke wilayah perairan tersebut. Tepat pada 15 Januari, kondisi mereka pun semakin dekat dengan Irian Barat.

Belanda ternyata sudah mengetahui pergerakan tiga kapal RI ini. Hal tersebut menyebabkan terjadinya pergolakan tak seimbang.

KRI Macan Tutul terpaksa harus menjadi korban demi bisa menyelamatkan dua kapal lain. Hari inilah yang mempelopori kemunculan peringatan Hari Dharma Samudera.

Berdasarkan ungkapan situs Dinas Kominfo Jawa Timur, KRI Macan Tutul atau KRI Matjan Tutul dibuat monumennya pada 17 Maret 2021. Hal ini masih berhubungan dengan peristiwa Pertempuran di Laut Aru.

Di kapal tersebut, orang-orang yang gugur mencakup Komodor Yos Sudarso dan para awak kapal lainnya

✨ Selamat Hari Dharma Samudera ✨

Design : Andriadi
Caption : A. Azizah Utari

#HariDharmaSamudera

#HMANPNUP

#HMAN

#PNUP

#FAMILY FOREVER

Referensi :
https://www.google.com/amp/s/www.muslimterkini.com/news/amp/pr-906518276/hari-dharma-samudera-2023-pengertian-sejarah-dan-hubungannya-dengan-irian-barat

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 views