HARI BURUH

[ HARI BURUH ]

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam Family Forever !!!

Hari Buruh atau May Day diperingati setiap tanggal 1 Mei dan dijadikan hari libur nasional di Indonesia. Hari buruh adalah hari perayaan keberhasilan dan andil para pekerja dan buruh atas kemajuan ekonomi dan sosial di seluruh dunia.

Peringatan ini ditujukan untuk para pekerja atau buruh di seluruh dunia untuk merayakan kontribusi mereka dan menyebarkan kesadaran hak-hak pekerja. Hari Buruh biasanya diperingati di berbagai negara dengan melakukan aksi untuk menuntut hak-hak pekerja dan menentang eksploitasi.

Hari Buruh menjadi momentum bagi buruh untuk mengemukakan aspirasi dan tuntutan soal kesejahteraan hidup. Tidak jarang mereka juga mengkritisi kebijakan perusahaan atau Pemerintah yang dinilai tidak berpihak kepada buruh dengan menggelar unjuk rasa.

Menurut UU Nomor 13 Tahun 2003, buruh adalah setiap orang yang bekerja dengan menerima upah atau imbalan dalam bentuk lain.

Mengutip surakarta.go.id, Hari Buruh di Indonesia kembali rutin dirayakan di banyak kota pada masa reformasi.

Ini sekaligus mengusung berbagai tuntutan mulai dari kesejahteraan hingga penghapusan sistem alih daya.

BJ Habibie sebagai presiden pertama di era reformasi melakukan ratifikasi konvensi ILO Nomor 81 tentang kebebasan berserikat buruh.

Pada 1 Mei 2013, terjadi peristiwa sejarah hari buruh yang penting di Indonesia. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menetapkan hari buruh sebagai hari libur nasional.

Dari tahun ke tahun, 1 Mei selalu menjadi ajang buruh untuk menuntut hak-haknya, mulai dari upah yang pembayarannya tertunda, jam kerja dan upah yang layak, hak cuti hamil, hak cuti haid, hingga Tunjangan Hari Raya (THR).

Tetaplah semangat dan terus bekerja keras dengan penuh rasa syukur dan bahagia!

✨ Selamat Memperingati Hari Buruh 2023 ✨

#HariBuruh

#HMANPNUP

#HMAN

#PNUP

#FAMILYFOREVER

Referensi :
https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/tren/read/223/04/28/191500065/hari-buruh-2023-tanggal-merah-ini-sejarah-peringatannya-di-indonesia

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

45 views