HARI RAYA IDUL ADHA

[ SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA ]

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam Family Forever

Idul Adha adalah salah satu Hari Raya dalam agama Islam yang jatuh setiap 10 Zulhijah yang memiliki makna penting bagi umat muslim di seluruh dunia. Tanggal ini merupakan momen yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya, karena diperingati sebagai Hari Raya Idul Adha.

Perayaan hari raya Idul Adha merupakan bentuk peringatan peristiwa kurban, yaitu saat Nabi Ibrahim bersedia mengorbankan putranya, Ismail, sebagai wujud kepatuhan kepada Allah SWT.

Dalam kalender Hijriah, bulan Dzulhijjah adalah bulan ke-12 atau bulan terakhir. Selain diperingati sebagai Hari Raya Idul Adha, di bulan ini juga digelar pelaksanaan ibadah haji, di mana umat Islam dari seluruh dunia berkumpul di tanah suci Makkah untuk melaksanakan serangkaian ibadah.

Berdasarkan sidang isbat yang telah terlaksana, pemerintah menetapkan 1 Zulhijah 1444 H jatuh pada hari Selasa, 20 Juni 2023. Maka dapat diketahui, Hari Raya Idul Adha 2023 10 Zulhijah jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023.

Qurban memiliki makna pengorbanan pada sesuatu yang dicintai, seperti harta yang kita peroleh. Setiap manusia memiliki rasa kepedulian dengan sesama dalam bentuk gotong royong, saling membantu dan saling berbagi.

Di samping itu, Idul Adha juga dikenal dengan sebutan “Hari Raya Haji”, dimana kaum muslim yang sedang menunaikan haji yang utama, yaitu wukuf di Arafah dengan memakai pakaian serba putih dan tidak berjahit (pakaian ihram).

Selain itu, makna Idul Adha adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan ketakwaan
  2. Mengajarkan untuk saling berbagi
  3. Mengajarkan pengorbanan dan keikhlasan
  4. Mempererat silaturrahmi
  5. Memupuk rasa empati
  6. Rezeki akan berlimpah dan berkah

Selamat Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah, semoga diberikan kesehatan, kemagfiratan, kebahagiaan selalui menyertaimu dengan ikhlas dalam berkurban.

✨ Selamat Merayakan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah ✨

#HariRayaIdulAdha

#HMANPNUP

#HMAN

#PNUP

#FAMILY FOREVER

Referensi :
https://www.google.com/amp/s/www.detik.com/sulsel/berita/d-6791879/hari-raya-idul-adha-tanggal-10-dzulhijjah-ini-sejarah-dan-serba-serbinya/amp

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

31 views